Menu

Waspadai Kanker Serviks yang Ditandai dengan Nyeri Pada 3 Bagian Tubuh Ini

18 Januari 2023 14:50 WIB
Waspadai Kanker Serviks yang Ditandai dengan Nyeri Pada 3 Bagian Tubuh Ini

Ilustrasi kanker serviks. (pinterest/freepik)

HerStory, Bandung —

Kanker serviks menjadi salah satu kanker yang memiliki angka kematian tertinggi di Indonesia. Saat ini penyakit kanker serviks menempati nomor 2 sebagai jenis kanker yang paling banyak diderita perempuan Indonesia. 

Kanker serviks pun dapat terjadi karena adanya sels-sel abnormal pada lapisan serviks yang tumbuh dengan cara tidak terkendali. Serviks adalah bagian dari sistem reproduksi yang menghubungkan tubuh utama rahim ke vagina.

Sama seperti bentuk kanker lainnya, kanker serviks dikategorikan berdasarkan jenis sel yang terkena.  Ada beberapa bagian tubuh yang bisa menjadi tanda kalau kamu bisa saja terkena kanker serviks.

Hal ini harus segera diwaspadai ya Beauty. Apa saja bagian tubuh tersebut? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Menurut konsultan ahli bedah ginekologi di Genesis Care Rapid Access Gynecology Clinic, Francis Gardner, mengatakan tanda “utama” kanker serviks bisa berupa nyeri di punggung bagian bawah, panggul atau perut bagian bawah.

Gejala kanker serviks dapat menjadi indikasi kondisi lain seperti fibroid atau endometriosis. Oleh karena itu, sebaiknya langsung kunjungi dokter umum atau  Genesis Care Rapid Access Gynecology. Klinik sesegera mungkin.

Baca Juga: Kanker Serviks Ancam Wanita Indonesia, Kemenkes Luncurkan Metode HPV DNA Sebagai Upaya Deteksi Dini, Begini Cara Kerjanya Moms!

Baca Juga: Simak Beauty, Ini 5 Cara Mencegah Kanker Serviks yang Wajib Kamu Tahu, Jangan Tunggu Parah Dulu!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.