Menu

Cuma Ada di Indonesia! Ini 5 Tradisi Unik Natal yang Sering Dilakukan di Tanah Air

13 Desember 2020 15:15 WIB
Cuma Ada di Indonesia! Ini 5 Tradisi Unik Natal yang Sering Dilakukan di Tanah Air

Christmas. (English Heritage/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Tak terasa, sebentar lagi umat Kristiani akan merayakan hari Natal. Hadirnya Santa Claus dan gemerlap pohon natal menjadi ikonik menyambut Natal yang penuh sukacita. Namun, tahukah kamu Beauty, selain pohon natal dan juga Santa Claus, di Indonesia ada tradisi-tradisi unik yang sering dilakukan dalam menyambut natal.

Ragam budaya di Indonesia melahirkan tradisi-tradisi yang tak biasa ini. Merangkum dari berbagai sumber (13/12/2020), berikut tradisi unik saat natal yang hanya ada di Indonesia:

1.  Kunci Taon, Manado

Warga Manado yang memang sebagian besar masyarakatnya adalah umat Kristiani memiliki cara sendiri dalam merayakan natal. Orang Manado punya sebutan sendiri dalam perayaan natal, yaitu perayaan Kunci Taon yang artinya “Pengunci Tahun”.

Kunci Taon sekaligus sebagai penanda perayaan Natal dan juga tutup tahun. Dalam festival bertajuk Kunci Taon ini, warga Manado merayakannya dengan pesta kostum bertema Natal dan melakukan pawai keliling kota. Perayaan ini biasanya dilakukan mulai awal Desember karena bagi warga Manado sukacita Natal harus dirayakan sepanjang bulan.

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman:

Share Artikel:

Oleh: Clara Aprilia