Menu

5 Makanan yang Direkomendasikan untuk Penderita Darah Rendah, Enak Semua!

19 Januari 2023 12:50 WIB
5 Makanan yang Direkomendasikan untuk Penderita Darah Rendah, Enak Semua!

Ilustrasi makanan yang baik untuk penderita penyakit ginjal. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bandung —

Tekanan darah rendah atau hipotensi adalah suatu kondisi di mana tekanan darah berada dibawah angka normal. Selain itu, tekanan darah rendah juga menandakan bahwa jantung, otak, dan beberapa bagian tubuh lainnya enggak mendapatkan darah sesuai dengan kebutuhannya.

Kondisi ini sebenarnya bisa diatasi dengan mengonsumsi beberapa makanan bergizi yang mampu membuat tekanan darah lebih meningkat. Lalu, apa saja yang sebaiknya dikonsumsi? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Makanan tinggi vitamin B12 

Seseorang yang memiliki darah rendah sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 tinggi. Melansir Health Line, terlalu sedikit mengasup vitamin B12 dapat menyebabkan anemia jenis tertentu, yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah dan kelelahan. Sejumlah makanan yang mengandung vitamin B12, antara lain: 

- Telur 

- Sarden 

- Tuna 

- Daging sapi 

- Susu

2. Makanan tinggi folat 

Terlalu sedikit folat juga dapat menyebabkan anemia yang pada gilirannya dapat menjadi penyebab tekanan darah rendah dan kelelahan. Contoh makanan yang mengandung folat tinggi, antara lain: 

- Asparagus 

- Kacang-kacangan 

- Polong-polongan 

- Buah jeruk 

- Sayuran berdaun hijau, seperti brokoli

- Telur

Baca Juga: Sat Set Basmi Darah Rendah! Ini 3 Makanan dan Minuman yang Wajib Dikonsumsi, Salah Satunya Favorit Anak Senja!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.