Menu

Angka Stunting Makin Genting, Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya Menurut Dokter Ahli, Simak Moms!

19 Januari 2023 14:57 WIB
Angka Stunting Makin Genting, Ini Penyebab dan Cara Mencegahnya Menurut Dokter Ahli, Simak Moms!

Ilustrasi anak-anak yang memiliki masalah gizi (Shutterstock/Gary Yam)

HerStory, Surabaya —

Stunting merupakan kondisi ketika tinggi badan anak lebih pendek daripada standar usianya akibat kekurangan gizi dalam jangka panjang. Kondisi ini bisa disebabkan oleh malnutrisi yang dialami ibu saat hamil atau anak pada masa pertumbuhannya. 

Dokter Spesialis Gizi Klinik Rumah Sakit Pondok Indah, dr. Raissa Djuanda, M.Gizi, Sp.GK, AIFO-K, menjelaskan berbagai hal mengenai stunting.

"Stunting merupakan kekurangn gizi pada bayi di 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) yang berlangsung lama dan menyebabkan terhambatnya perkembangan otak dan tumbuh kembang anak," jelas dr. Raissa, saat acara 'Mengupas Tuntas Kebutuhan Nutrisi pada Setiap Kehidupan Wanita', di Roemah Kuliner, Metropole Cikini, Jakarta, Rabu (18/1/2023).

Anak yang kekurangan nutrisi pada 1000 hari pertama kehidupan akan menyebabkan kemampuan berpikir yang menurun. Dengan begitu, banyak dampak jangka panjang yang bisa dirasakan.

"Akibat jangka panjangnya, sekolah menjadi buruk, pendapatan dan produktivitas rendah, serta berbagai risiko penyakit kronis bisa muncul," ungkapnya.

Dikatakan dr. Raissa, pada dasarnya, ada tiga faktor penyebab stunting, yakni ibu dan calon ibu, bayi dan balita, serta lingkungan ekonomi dan sosial.

"Sekarang, malah banyak ibu muda. Padahal, idealnya mengandung itu jika usia sudah di atas 19 tahun," ujar dr. Raissa.

Baca Juga: Mengapa Pernikahan Dini Harus Dicegah? Ternyata Nggak Cuma Sebabkan Stunting, Ini 4 Dampak Buruk Lainnya Bagi Kesehatan

Baca Juga: Bantu Program Pemerintah Tekan Angka Stunting, ABC Luncurkan Sarden Goreng Bumbu Serundeng, Solusi Praktis Makan Ikan Nih Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.