Menu

Jangan Diabaikan! Sakit Perut Bisa Jadi Tanda Kamu Mengidap Kanker Usus Lho Moms, Kenali Gejala Lain Penyakit Mematikan Ini Yuk

19 Januari 2023 15:15 WIB
Jangan Diabaikan! Sakit Perut Bisa Jadi Tanda Kamu Mengidap Kanker Usus Lho Moms, Kenali Gejala Lain Penyakit Mematikan Ini Yuk

Ilustrasi kanker usus (Yale University/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, kanker usus merupakan salah satu penyakit yang mematikan lho. Tentu saja, penyakit ini tak bisa diabaikan ya. Biasanya, kanker usus berkembang dari usus atau muara akhir saluran pencernaan.

Kanker usus biasanya timbul dari benjolan kecil jinak atau polip yang tumbuh di bagian dalam usus besar Nah, berikut ini beberapa gejala kanker usus yang harus kamu waspadai seperti dilansir StopColonCancerNow, Kamis (19/1/2023).

1. Sakit perut 

Hampir setiap orang pernah merasakan sakit perut, kembung, atau kram perut. Sebagian besar kondisi sakit perut umumnya tidak disebabkan masalah kesehatan serius. Tingkat keparahan nyeri sakit perut juga tik bisa jadi patokan berat atau ringannya penyebab penyakit. 

Namun, jika kamu kerap merasakan sakit perut yang tidak biasa atau terus-menerus dengan nyeri intens, baiknya jangan tunda berkonsultasi ke dokter. Salah satu ciri-ciri kanker usus yang dirasakan penderita adalah sakit perut yang intens. 

2. Ada darah dalam tinja 

Buang air besar (BAB) mengeluarkan darah bisa jadi gejala wasir atau masalah pada saluran pencernaan. Selain itu, darah dalam tinja juga bisa jadi ciri-ciri kanker usus besar.

Jika kamu melihat darah berwarna merah gelap dalam tinja disertai sakit perut hebat, baiknya segera berkonsultasi ke dokter. Dokter umumnya akan merekomendasikan pemeriksaan kolonoskopi untuk melihat ada tidaknya polip atau tumor di dalam usus. 

Baca Juga: Jangan Panik Dulu, Ini 5 Obat Sakit Perut yang Mudah Ditemukan di Dapur, Salah Satunya Jahe!

Baca Juga: Moms Harus Tahu! Ini 3 Penyebab Sakit Perut pada Anak, Jangan Disepelekan

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari