Menu

Pola Bisnis B2B Jadi Solusi Baru Dobrak Kemajuan UKM Tradisional: Transformasi Digital Jadi Kuncinya

19 Januari 2023 18:38 WIB
Pola Bisnis B2B Jadi Solusi Baru Dobrak Kemajuan UKM Tradisional: Transformasi Digital Jadi Kuncinya

konferensi pers ‘Peluncuran Studi B2B FMCG Indonesia Outlook 2023, Kolaborasi GudangAda dan CELIOS’ (Noorma/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, gak dipungkiri bahwa perkembangan digital kian pesat bahkan sudah masuk hampir di semua bidang, termasuk UKM (Usaha Kecil Menengah) seperti warung tradisional.

Melihat transformasi digital yang membawa perubahan besar ini, GudangAda mendukung CELIOS (Center of Economic and Law Studies) dalam membuat studi bertajuk “Studi B2B FMCG Marketplace Indonesia Outlook 2023”.

Berdasarkan studi yang sudah dilakukan, ditemukan potensi bisnis yang besar terkait B2B FMCG di Indonesia. Pola ini memungkinkan kolaborasi antara pelaku usaha untuk memperbesar bisnis secara efisien.

Perubahan perilaku bisnis gak lepas dari dampak dari pandemi yang mana semuanya menjadi serba online. Bahkan, para pelaku UKM yang dulunya mencari bahan baku secara langsung ke lapangan banyak yang beralih mencarinya via online dengan harga yang kompetitif.

Gak hanya memengaruhi para pelaku bisnis, perubahan ini juga dirasakan oleh konsumen, lho. Hal tersebut disampaikan oleh Bhima Yudhistira, selaku Direktur CELIOS. 

“Order barang lewat online. Ini merupakan perubahan perilaku konsumen pas dan pasca-pandemi. Kebutuhan pembayaran dari konsumen yang ingin digital memungkinkan penjual tergerak untuk mengadopsi dan beradaptasi dalam kemajuan digital,” terangnya saat konferensi pers ‘Peluncuran Studi B2B FMCG Indonesia Outlook 2023, Kolaborasi GudangAda dan CELIOS’, di Jakarta, Kamis (19/1/2022).

Berdasarkan hasil studinya, pelaku UKM harus mampu beradaptasi terhadap perkembangan digital agar bisnisnya tetap bertahan dan semakin maju. Selain itu, ada banyak keuntungan yang didapatkan dari tranformasi digital dan menerapkan pola bisnis B2B.

Baca Juga: Gak Perlu Keluar Rumah, Kamu Bisa Pesan Makanan dari Imperial Group Langsung dari Aplikasi dengan Harga Sesuai di Outlet, Mau Coba?

Baca Juga: Konsisten Usung Makanan Sehat, 2 UMKM Lokal Ini Sukses Jangkau Pasar Nasional, Transaksi Naik Berkali-kali Lipat, Apa Rahasianya?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.