Menu

Cara Bikin Sotong ala Abang-abang Tahu Bulat, Gurih, Kenyal, Nikmat Banget

20 Januari 2023 09:15 WIB
Cara Bikin Sotong ala Abang-abang Tahu Bulat, Gurih, Kenyal, Nikmat Banget

Sotong teman tahu bulat (Instagram/dee__dian)

HerStory, Jakarta —

Moms pasti tak asing dengan pedagang tahu bulat yang selalu menawarkan dua produk andalannya, yaitu selain tahu bulat, abang-abangnya biasa jualan sotong goreng yang tak kalah enak dengan tahu bulatnya lho Moms.

Maka dari itu dalam resep ini akan dibahas bagaimana caranya membuat sotong alan tukang tahu bulat, dijamin rasanya muruk, teksturnya kenyal, gurih, pokoknya nikmat banget. Penasaran cara membuatnya? Yuk langsung saja simak resep yang ditulis oleh Yonaluck di laman Cookpad, begini cara buatnya

Bahan Sotong :

  • 120 gr Tepung Tapioka (12 Sdm)
  • 70 gr Tepung Terigu (7 Sdm)
  • 150 ml Air
  • 3 Siung bawang putih
  • 1 Sdt garam
  • 1 Sdt Lada Bubuk
  • 1/2 Sdt Kaldu bubuk/Penyedap Rasa (Boleh skip)
  • 1 Butir Telur
  • 2 batang daun bawang (Iris-iris)

Untuk Merebus Sotong :

  • Secukupnya Air + Sedikit minyak Goreng

Cara Membuat:

  1. Haluskan bawang putih, garam, siapkan bahan lainnya.
  2. Iris-iris daun bawang, tuang ke dalam panci bawang putih yang sudah dihaluskan dengan garam, campurkan dengan lada, buku, dan tepung terigu.
  3. Masak dengan cara mengaduk adonan mengental, setelah matang matikan kompor, biarkan sampai dingin
  4. Setelah itu, tuangkan telur di atas adonan yang sudah dingin, pindahkan tempatnya, tuangkan tepung tapioka, sedikit demi sedikit aduk dan uleni sampai kalis.
  5. Terakhir masukkan Irisan Daun Bawang, uleni kembali sampai tercampur rata. Lalu ambil adonan kurleb per 1 Sdt dan bentuk adonan lonjong-lonjong kecil menggunakan kedua tangan. Lakukan sampai habis. Sotong siap di Rebus.
  6. Siapkan panci,beri secukupnya air dan sedikit minyak goreng, didihkan. (Dikasih minyak goreng, agar sotong tidak saling lengket saat direbus)
  7. Setelah mendidih, masukkan sotong dan rebus sampai Sotong mengambang/mengapung. Angkat dan tiriskan.
  8. Sampai diproses ini Sotong Siap digoreng. Tapi jika tidak ingin langsung menggorengnya, Sotong bisa dibuat stok,disimpan didalam wadah tertutup dan dimasukkan didalam kulkas. Atau bisa juga jadi Frozen Food (Simpan di freezer).
  9. Goreng Sotong dengan api kecil, goreng sampai matang, sotong mulai mekar dan mengeras, warna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan. (Hati-hati ya saat menggoreng jangan sampai minyak terlalu panas, karena khawatir nanti si sotong bisa meledak)
  10. Sotong (Tahu Bulat) Siap disajikan dengan taburan bumbu tabur / bubuk cabe (Boncabe) dan juga cocolan saus sambal Favorit. 

Bagaimana Moms tertarik untuk mencobanya? Sekarang, Moms gak usah khawatir soal menu rumahan, karena di Herstory saat ini sudah tersedia berbagai macam resep masakan yang bisa dicontoh di rumah.

Baca Juga: Resep Buncis Wortel Cah Ayam, Sehat, Lezat, Enak Banget!

Baca Juga: Resep Sambal Kacang Terong Penyet, Nikmatnya Bikin Ketagihan!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.