Menu

Jangan Asal Moms! Ini 6 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan saat Kasih Mainan ke Balita, Jangan Sampai Nyesel!

20 Januari 2023 12:50 WIB
Jangan Asal Moms! Ini 6 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan saat Kasih Mainan ke Balita, Jangan Sampai Nyesel!

Dua anak balita sedang bermain gadget. (Unsplash/Jelleke Vanooteghem)

HerStory, Jakarta —

Balita adalah momen anak paling aktif mengetahui hal baru dan bermain. Mereka akan tertarik dengan segala hal dan mainan yang diberikan kepadanya.

Meski demikian, tak bisa dipungkiri jika banyak mainan yang belum terjamin keamanannya untuk para balita lho Moms! Pasalnya, berbagai mainan tersebut justru dapat memberikan hal berbahaya bagi anak balita tersebut.

Dokter Spesialis Tumbuh Kembang Anak sekaligus Ketua Bidang 3 Pengurus Pusat IDAI, DR. Dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A(K), mengatakan, orang tua dalam memilih mainan anak sangat tak boleh sembarang. Mainan yang dipilih juga harus memperhatikan usia anak tersebut.

“Orang tua tidak boleh sembarangan dalam memberikan mainan. Hal ini kalau tidak sesuai dapat berbahaya bagi anak itu. Memberikan permainan yang sesuai usia juga membantu meningkatkan kemampuan anak,”  ucap Dr. Bernie dilansir dari laman sindikasi konten Suara.com, Jumat (20/1/2023)

Untuk balita sendiri, terdapat beberapa panduan khusus dalam membeli mainan. Dr. Bernie mengatakan, beberapa hal yang perlu memperhatikan beberapa unsur di antaranya sebagai berikut.

1. Label

Dr. Bernie mengatakan, hal penting yang harus orang tua perhatikan dalam memberikan mainan kepada balita yaitu label. Pastikan mainan tersebut memiliki label sesuai standar contohnya, CE, dll.

2. Ukuran Mainan

Ukuran mainan juga menjadi salah satu faktor yang patut menjadi pertimbangan sebelum memberikannya kepada balita. Ukuran tersebut meliputi.

Besar kecilnya ukuran sebuah mainan akan berpengaruh pada keamanan anak.

Untuk mainan dengan ukuran kecil yang berdiameter kurang dari 1,75 inci atau  4,4 cm, jangan diberikan kepada anak yang berumur kurang dari 3 tahun karena  mainan itu dapat dimasukkan ke mulut dan tertelan.

Cari mainan yang cukup kokoh untuk menahan tarikan dan putaran. Pastikan semua bagian, seperti mata, hidung, kancing, dan bagian lain yang  mudah lepas, terpasang dengan kuat. Bagian-bagian ini berpotensi terlepas dan  dimungkinkan dapat tertelan oleh anak.

Pastikan mainan untuk diremas, kerincingan, serta mainan untuk gigitan bayi  memiliki ukuran cukup besar sehingga tak muat dimasukkan ke dalam mulut.

Baca Juga: Bisa Dicontoh Nih Moms! 5 Aturan Makan Nikita Willy untuk Baby Issa, Kuncinya Tuh Ternyata Cuma Satu Lho!

Baca Juga: Sssttt! Jangan Dilarang Moms! Ini Manfaat Main Games untuk Perkembangan Otak Anak, Asalkan Jangan...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.