Menu

Diabetes Auto Ambrol! Ini 3 Manfaat Buah Cermai yang Nggak Banyak Orang Tahu, Cek Yuk Moms!

20 Januari 2023 12:48 WIB
Diabetes Auto Ambrol! Ini 3 Manfaat Buah Cermai yang Nggak Banyak Orang Tahu, Cek Yuk Moms!

Ilustrasi buah cermai (Halodoc/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Sebagian dari kamu mungkin masih terdengar asing dengan buah cermai. Buah berwarna hijau ini bisa dimakan secara langsung atau dibuat manisan. Buah ini kaya akan antioksidan sehingga mampu membantu melawan radikal bebas.

Sayangnya, buah ini sudah jarang ditemui Moms. Lantas, apa saja manfaat dari buah cermai? Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika mengonsumsi buah cermai, seperti dilansir dari berbagai sumber, Jumat (20/1/2023).

1. Diuretik

Manfaat buah cermai yang tak kalah penting adalah, ia dapat berfungsi sebagai diuretik, yaitu merangsang tubuh agar dapat menyerap lebih banyak cairan dan memperlancar proses pembuangannya melalui urin. Dengan begitu, racun-racun yang ada di dalam tubuh tidak menumpuk yang mana hal ini tentu membahayakan.

Menurut penelitian oleh praktisi medis melalui esai berjudul “Phytochemical and Toxidity of Amla” tahun 2011 menyebutkan, bahwa buah cermai atau gooseberry efektif untuk mempercepat proses pembuangan racun sisa makanan, asam urat, hingga bakteri pada organ hati (liver) dan juga ginjal.

2. Mencegah Kanker

Mencegah terjadinya kanker dapat dilakukan dengan cara yang sederhana, seperti mengonsumsi buah cermai salah satunya. Manfaat buah cermai untuk mencegah kanker dikarenakan buah ini kaya akan zat antioksidan, yang mana antioksidan berfungsi untuk melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat serangan radikal bebas.

Baca Juga: Gak Cuma Harus Hindari Gula, Ini 3 Kebiasaan yang Ampuh Cegah Diabetes, Coba Dibiasakan Ya!

Baca Juga: Salah Satunya Menstruasi Gak Normal, Ini 3 Tanda Diabetes yang Selalu Menyerang Wanita, Please Jangan Disepelekan Ya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Sri Handari