Menu

Tak Banyak Aktivitas Tapi Tubuh Gampang Lelah? Hati-hati Moms, Bisa Jadi Tanda Kolesterol Tinggi Lho, Ini Dia Tanda-tandanya

20 Januari 2023 13:12 WIB
Tak Banyak Aktivitas Tapi Tubuh Gampang Lelah? Hati-hati Moms, Bisa Jadi Tanda Kolesterol Tinggi Lho, Ini Dia Tanda-tandanya

Ilustrasi orang mudah lelah dan mengantuk. (Unsplash/Kinga Cichewicz)

HerStory, Jakarta —

Kolesterol tinggi tidak menunjukkan gejala yang spesifik seperti penyakit lainnya. Ya, kamau hanaya akan mengetahuinya jika melakukan tes kolesterol. Tapi, kamu mungkin akan menyadari bahwa kamu memiliki kolesterol tinggi ketika mengalami berbagai gejala dari komplikasi kolesterol.

Nah, berikut ini beberapa gejala khas yang mungkin muncul akibat komplikasi kolesterol tinggi, seperti dikutip dari laman Hello Sehat, Jumat (20/1/2023), yaitu:

1. Dada terasa nyeri

Nyeri dada atau sering disebut sebagai angina merupakan salah satu komplikasi dari kolesterol tinggi. Artinya, saat kamu mengalami kondisi tersebut, bisa saja disebabkan karena kadar kolesterol yang sudah terlalu tinggi di dalam darah.

Pasalnya, kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan zat lemak pada pembuluh darah arteri. Penumpukan tersebut berpotensi menyebabkan dada terasa nyeri, hingga meningkatkan risiko pasien mengalami serangan jantung.

2. Kaki dan tangan mudah kesemutan

Gejala yang mungkin timbul akibat kolesterol tinggi adalah kaki dan tangan yang mudah kesemutan. Bahkan, terkadang kaki ini juga mengalami rasa nyeri, ngilu, atau kondisi yang tidak nyaman ketika digunakan berjalan atau digerakkan sekali pun.

Baca Juga: Ramuan Ajaib Turunkan Kolesterol Tinggi, Cara Membuatnya Mudah Moms, Semua Bahan Ada di Dapur, Intip Yuk!

Baca Juga: Kolesterol Tinggi Bisa Picu Komplikasi, Ini 4 Minuman yang Ampuh Mengatasinya, Cuss Konsumsi Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari