Menu

Wanita Lebih Berisiko Idap Delusi, Kenali 3 Faktor Penyebab Gangguan Jiwa Serius Ini, Kamu Pernah Rasain Gak Beauty?

20 Januari 2023 15:35 WIB
Wanita Lebih Berisiko Idap Delusi, Kenali 3 Faktor Penyebab Gangguan Jiwa Serius Ini, Kamu Pernah Rasain Gak Beauty?

Ilustrasi kesehatan mental (Unsplash/Priscilla Du Preez)

HerStory, Jakarta —

Beauty, delusi merupakan istilah lain dari paranoid yang mana tergolong sebagai gangguan jiwa serius (psikosis).

Penderita biasanya membayangkan sesuatu yang gak nyata tanpa ia sadari.

Masalah jiwa ini akan membuat penderita memiliki keyakinan besar terkait hal yang gak nyata. Bahkan, muncul spekulasi negatif yang ia pikirkan padahal belum tentu kebenarannya.

Gangguan delusi membuat penderita salah paham akan orang lain. Ia cenderung suka menafsirkan sesuatu dari sisi negatif padahal belum tentu benar bahkan kerap dibesar-besarkan.

Inilah yang membuat penderita hidup dalam imajinasinya. Ada yang terperangkan hingga mengabaikan kehidupan nyata, namun adapula yang tetap bisa hidup ‘normal’ dan mengesampaingkan khayalannya.

Melansir beberapa sumber, Jumat (20/1/2023), disebutkan bahwa wanita lebih berisiko mengidap delusi dibandingkan pria, lho.

Lalu, apa saja faktor penyebab gangguan jiwa serius ini? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel yang sudah HerStory rangkum berikut ini, Beauty.

Baca Juga: Catat! 6 Kebiasaan Baik untuk Menjaga Kesehatan Mental, Nomor 4 Paling Gampang!

Baca Juga: Bukan Berarti Cengeng, Ini Sederet Manfaat Menangis yang Tak Banyak Orang Tahu, Ternyata Baik untuk Kesehatan Mental, Apa Saja?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.