Menu

Siap Gelar Bulan Depan, Indonesia Fashion Week 2023 Bakal Mengglobalkan Kain Karawo dan Pariwisata Gorontalo, Seperti Apa?

20 Januari 2023 22:35 WIB
Siap Gelar Bulan Depan, Indonesia Fashion Week 2023 Bakal Mengglobalkan Kain Karawo dan Pariwisata Gorontalo, Seperti Apa?

Dalam rangka menuju acara Indonesia Fashion Week 2023, APPMI mengadakan acara peluncuran kampanye IFW 2023 dengan Tema Sagara dari Timur yang mengangkat budaya provinsi Gorontalo. (Riana/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, ajang fesyen bergengsi Indonesia Fashion Week (IFW) 2023 akan segera digelar. Acara yang dimotori oleh Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) itu akan digelar pada 22-26 Februari 2023 mendatang di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Ketua umum APPMI sekaligus Presiden IFW, Poppy Dharsono, menuturkan, IFW 2023 nanti akan mengangkat tema "Sagara dari Timur" dan akan memperkenalkan keunikan sulam Karawo dan pariwisata dari Gorontalo lewat fesyen.

"Tema budaya Gorontalo yang kita angkat ini merupakan komitmen nyata APPMI demi kemajuan dan pengembangan promosi khasanah Indonesia yang menjadi salah satu penopang ekonomi nasional," tutur Poppy Dharsono, saat acara peluncuran kampanye IFW 2023, di Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (20/1/2023).

Poppy pun mengatakan, kain Karawo Gorontalo diusung jadi 'bintang' di IFW 2023 sebagai bentuk upaya memperkenalkan produk unggulan salah satu daerah di Indonesia. 

"Di IFW ini, kami berkesempatan untuk membantu pemerintah Provinsi Gorontalo untuk mengembangkan potensi sulam karawo ke pasar nasional dan juga internasional," imbuhnya.

"Dan ini jadi cara yang baik untuk memperkenalkan wastra asal Gorontalo kepada pelaku usaha fesyen muda Tanah Air. Melalui eksposur di IFW, kesadaran masyarakat akan kain Karawo pun dapat ditingkatkan," sambung Poppy.

Poppy lantas menuturkan bahwa industri fesyen dan budaya Indonesia bisa menembus pasar Internasional dengan gencar mempromosikan. Lewat IFW ini, kata dia, perlindungan budaya, sejarah Indonesia, hingga berkembangnya industri fesyen terus meningkat.

"Kami berusaha semaksimal mungkin dalam memberikan komitmen kami kepada pelaku UMKM di industri fesyen dan craft. Mereka semua terdampak pandemi," tandasnya.

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.