Menu

Jangan Disepelekan, Mulut Kering Bisa Jadi Gejala Masalah Kesehatan Serius, Ngeri!

24 Januari 2023 08:25 WIB
Jangan Disepelekan, Mulut Kering Bisa Jadi Gejala Masalah Kesehatan Serius, Ngeri!

ilustrasi bibir kering (Pinterest/Edited By HerStory)

HerStory, Bekasi —

Penting untuk menjaga kesehatan mulut. Pasalnya, kesehatan mulut yang buruk bisa menyebabkan masalah serius di area tubuh lain. Bahkan, mulut kering bisa menjadi pertanda ada sesuatu yang nggak beres di bagian tubuh lain.

Seorang dokter gigi terkemuka mengatakan mulut kering merupakan masalah kesehatan umum yang gak boleh diabaikan.

Mulut kering sering dikaitkan dengan mendengkur, obat-obatan, merokok atau terlalu banyak minum alkohol. Kondisi ini juga bisa menjadi tanda banyak penyakit serius, termasuk diabetes, stroke dan HIV.

Dr Azad Eyrumlu, dari firma gigi swasta terkemuka Banning Dental Group, mengatakan bahwa tubuh kita sangat rumit dan setiap bagian tubuh saling berkaitan.

"Mulut kering bisa menjadi pertanda ada sesuatu yang tidak beres di area tubuh lain. Kondisi ini bisa memanifestasikan dirinya dengan gejala seperti rasa lengket di mulut, tenggorokan kering atau sakit, kesulitan mengunyah atau menelan atau bahkan bau mulut," kata Dr Azad dikutip dari Mirror UK via Suara.com.

Kondisi kesehatan tertentu seperti stroke, diabetes atau penyakit Alzheimer dapat menunjukkan dirinya dengan cara ini.

Sementara, gejala ini juga bisa menjadi indikator gangguan autoimun, seperti HIV atau sindrom Sjogren.

"Kami dokter gigi biasanya tidak hanya memperhatikan kesehatan mulutmu, tetapi juga mencari gejala masalah medis tertentu," kata Dr Azad.

Menurut Dr Azad, sangat penting untuk memperhatikan kesehatan diri sendiri. Jika kamu mengalami mulut kering terus-menerus, segeralah konsultasi dengan dokter umum.

Karena, mulut kering bisa menjadi pertanda penyakit diabetes, HIV, penyakit alzheimer, sindrom Sjogren dan stroke.

Xerostomia adalah suatu kondisi di mana kelenjar ludah kita gagal menghasilkan air liur yang cukup untuk menjaga kelembapan mulut.

Air liur memainkan peran kunci dalam kesehatan mulut karena membantu menetralkan asam yang diproduksi oleh bakteri dan juga membersihkan partikel makanan.

Para ahli merekomendasikan menyikat gigi selama dua menit dengan pasta gigi yang mengandung fluoride dua kali sehari, serta flossing secara teratur dan penggunaan obat kumur.

Baca Juga: Waspada, 5 Kondisi Rambut Ini Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan, Salah Satunya Rambut Rontok

Baca Juga: Waspada, Ini 3 Masalah Kesehatan Akibat Kurang Berolahraga, Salah Satunya Meningkatkan Risiko Kanker!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.