Menu

Konsumsi Pil KB Bikin Tingkat Kesuburan Wanita Menurun, Mitos atau Fakta Ya? Ini Kata Dokter Ahli

24 Januari 2023 10:05 WIB
Konsumsi Pil KB Bikin Tingkat Kesuburan Wanita Menurun, Mitos atau Fakta Ya? Ini Kata Dokter Ahli

Seorang wanita sedang memegang pil KB. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Beauty, fertilitas atau yang sering disebut dengan kesuburan didefinisikan sebagai kemampuan alami seseorang untuk mendapatkan kehamilan.

Sayangnya, kesuburan enggak datang dengan mudah bagi setiap orang. Sebab, banyak orang yang mengalami permasalahan pada kesuburannya.

Bicara soal kesuburan, ternyata masih banyak juga lho orang-orang yang percaya dengan mitos-mitos yang beredar di masyarakat. Padahal, enggak semua mitos itu benar dan bisa kamu percaya, lho.

Kepada HerStory, Dokter Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan dr. Nadia Shafira, Sp.OG, B.Med, SC., mengungkapkan mitos dan fakta soal kesuburan.

Salah satu mitos yang beredar soal kesuburan adalah mengonsumsi pil KB dapat menurunkan tingkat kesuburan seorang wanita. Fakta yang sebenarnya bagaimana sih?

Pil KB merupakan alat kontrasepsi yang digunakan untuk menunda kehamilan. Pil KB ini mengandung hormon yang dapat mencegah ovulasi.

"Memang saat menggunakan kontrasepsi ini sendiri pasti ada perubahan dari hormonal yang memang kita harapkan, tergantung tujuannya. Kalau misalnya tujuannya untuk menunda kehamilan, otomatis pasti saat menggunakan kontrasepsi itu sendiri pasti ada kemungkinan menurunkan tingkat kehamilan," ungkap dr. Nadia.

Baca Juga: Mau Enak tapi Gak Mau Anak, Pria Ini Ngotot Ogah Pakai Kondom dan Nekat Lakukan Ini ke Vagina Pasangannya Demi Cegah Hamil! Waduh...

Baca Juga: Bisa Pengaruhi Kesuburan, Ternyata Begini Lho 5 Cara Membedakan Sperma Subur dan Enggak, Buruan Kasih Tahu PakSu Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.