Menu

Awas, 4 Gangguan Tidur yang Sering Terjadi pada Anak, Moms Harus Tahu!

24 Januari 2023 08:50 WIB
Awas, 4 Gangguan Tidur yang Sering Terjadi pada Anak, Moms Harus Tahu!

Illustrasi Anak Tidur Larut Malam (Shutterstock)

HerStory, Bekasi —

Gak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami masalah tidur karena beberapa hal. Memasuki usia sekolah dan remaja, waktu untuk tidur anak menjadi berkurang. Tak jarang, waktu tidur di siang hari harus dikorbankan karena banyaknya kegiatan.

Mengikuti les atau berbagai kegiatan di sekolah menjadi beberapa alasannya. Belum lagi, kebiasaan main gadget sebelum tidur juga sering membuat mereka lupa waktu hingga tidur larut malam.

Jika kondisi ini terus terjadi, kualitas tidur akan memburuk. Akibatnya, mereka gak dapat berkonsentrasi penuh di kelas, kelelahan, dan mengalami masalah emosional, seperti depresi di kemudian hari.

Berikut adalah deretan gangguan tidur yang sering kali mengintai anak dan remaja, dikutip via sindikasi konten Suara.com.

1. Mimpi buruk dan sleep walking

Semua orang pasti pernah mengalami mimpi buruk. Ini sebenarnya normal. Akan tetapi, jika sering terjadi, tidur bisa terganggu karena mimpi dapat membangunkan anak di tengah malam.

Mimpi buruk yang sering terjadi biasanya dipicu oleh masalah emosional, seperti stres dan kecemasan. Kurang tidur juga bisa menyebabkan mimpi buruk.

Selain itu, anak-anak juga sering kali mengalami sleep walking alias tidur sambil berjalan. Meskipun umumnya bukan masalah yang serius, gangguan tidur pada anak ini bisa menandakan bahwa anak merasa stres.

2. Insomnia

Insomnia merupakan penyebab umum dari kualitas tidur yang buruk. Kondisi ini menyebabkan seseorang susah untuk memulai tidur, sulit tidur kembali ketika terbangun, atau bangun lebih awal dari waktu seharusnya.

Gangguan tidur pada anak ini terjadi karena banyak hal seperti si kecil sakit. Ketika anak sedang sakit, seperti pilek, flu, atau batuk, gejalanya akan memburuk ketika malam. Selain itu, refluks asam lambung dan GERD juga bisa menyebabkan insomnia karena posisi berbaring memungkinkan asam lambung naik ke kerongkongan.

Baca Juga: Jam Tidur Auto Sehat! Ini 6 Tips Nyenyak dan Segar Ketika Bangun, Nomor 4 Sulit Banget Dilepaskan!

Baca Juga: Waspadai Stroke Beauty... Gangguan Tidur Seperti Ini Bisa Jadi Faktor Risiko Utama Serangan Otak, Kenali Sederet Gejalanya Ya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.