Menu

Penting Ajarkan Sex Education Pada Anak Semenjak Dini, Begini Tahapannya

Mayang Rizquita Octovianka
15 Desember 2020 10:10 WIB
Penting Ajarkan Sex Education Pada Anak Semenjak Dini, Begini Tahapannya

ilustrasi ibu dan anak sedang mengobrol (pexels/ketut subiyanto)

HerStory, Bogor —

Membicarakan topik seksualitas mungkin sampai saat ini masih dianggap tabu, apalagi jika membicarakannya dengan anak-anak. Banyak orang tua yang beranggapan bahwa anak masih terlalu kecil dan belum saatnya mendapatkan pengetahuan seks. Kalau seperti itu, kira-kira kapan ya moms waktu yang tepat untuk memberikan edukasi seks kepada anak?

Melansir dari parenting.co.id (15/12/2020), Samanta Ananta, M.Psi, Psi., selaku Psikolog Anak dan Keluarga mengatakan bahwa seksualitas adalah hal yang sangat penting untuk dijadikan bagian dari edukasi keluarga. "Siapa lagi yang mau membantu anak-anak kita dari kebingungan, kalau bukan kita sebagai orang tua?" ujarnya. 

Moms, harus diingat bahwa saat ini kejahatan seksual bisa terjadi kapan saja dan dimana saja serta tak mengenal usia. Sebagai orang tua tentu harus selalu waspada, namun sayangnya kita tak mungkin bisa selalu ada disamping anak selama 24 jam.

Oleh karena itu, penting lho untuk memberikan edukasi seksual kepada anak semenjak dini. Tentunya memberikan pengetahuan seksual tersebut harus sesuai dengan tahapan usianya ya. Berikut informasi mengenai hal yang harus diajarkan kepada anak sesuai dengan usianya. 

Halaman: