Menu

Bisa Ditandai dengan Kaki Bengkak, Ini Gejala Kanker Pankreas Lainnya yang Wajib Diperhatikan!

24 Januari 2023 16:00 WIB
Bisa Ditandai dengan Kaki Bengkak, Ini Gejala Kanker Pankreas Lainnya yang Wajib Diperhatikan!

Kram perut (Alodokter)

HerStory, Bandung —

Kanker merupakan salah satu penyebab kematian yang hingga kini belum terdapat obat untuk menyembuhkan kanker secara total. Kanker juga merupakan penyakit kronis yang terkait dengan perkembangan sel abnormal yang dapat menyebar tak terkendali ke berbagai organ atau jaringan di tubuh. 

Menurut American Cancer Society (ACS), kanker tertentu dapat meningkatkan risiko adanya pembekuan darah. Salah satu contoh penyakit kanker pun, yakni kanker pankreas.

Kanker pankreas pada umumnya memiliki kecenderungan untuk mengentalkan darah penderita, mengubahnya menjadi keadaan hiperkoagulasi. Inilah sebabnya mengapa gumpalan darah di kaki terkadang merupakan tanda pertama kanker pankreas, sesuai dengan kesehatan tubuh. Gejalanya kanker pankreas pun diantaranya:

- Bengkak dan nyeri pada satu kaki, jarang pada kedua kaki

- Kulit memerah dan hangat di sekitar area yang terkena

- Pembengkakan pembuluh darah, keras dan nyeri saat disentuh

- Dalam kasus tertentu yang lebih serius, sepotong gumpalan dapat pecah dan berjalan ke paru-paru, menyebabkan nyeri dada dan sesak napas. Ini juga disebut emboli paru atau PE.

Baca Juga: Duh Ngeri... 3 Jenis Kanker Ini Tergolong Sulit Dideteksi Lebih Dini, Please Waspada Ya Beauty!

Baca Juga: Fatal Banget... 6 Tanda Kanker Pankreas Ini Sering Dianggap Sakit Perut Biasa, Padahal Nyawa Taruhannya Lho!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.