Menu

Nggak Cuma Muncul di Wajah, Jerawat Bisa Muncul di Area Intim dan Sangat Berbahaya Moms, Kenali Tanda-tandanya Yuk!

24 Januari 2023 15:30 WIB
Nggak Cuma Muncul di Wajah, Jerawat Bisa Muncul di Area Intim dan Sangat Berbahaya Moms, Kenali Tanda-tandanya Yuk!

Kesehatan vagina. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Jerawat yang muncul di wajah sudah menjadi hal yang wajar. Tapi, selain di wajah, jerawat juga bisa muncul di are tubuh lainnya, seperti organ intim lho Moms. Jerawat pada area intim biasa disebut dengan Moluskum Kontagiosum (MK).

Ini merupakan sebuah penyakit yang disebabkan virus poxvirus, yakni salah satu jenis penyakit kulit dan kelamin. Melansir dari laman Sindikasi Genpi, Selasa (24/1/2023), Spesialis kulit dan kelamin sekaligus CEO Klinik Pramuda dr. Anthony Handoko, SpKK mengatakan bahwa masih banyak masyarakat yang tidak tahu tentang jerawat genital ini.

Sebab, kondisi ini muncul di tempat tak terduga. Ia juga menegaskan bahwa MK bisa menyerang siapapun, baik wanita maupun pria Moms.

"MK biasanya menyerang area genital pria atau wanita dewasa. Selain itu biasanya menyerang lapisan kulit atas atau epidemis khususnya kulit tipis dan terbuka misalnya di leher," ujar dokter Anthony.

Meskipun tidak terlalu berbahaya, tetapi MK masuk dalam kategori penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS). yang paling umum penyakit ini menular melalui kontak kulit ke kulit, berbagi pakaian, atau hanya dengan menyentuh benda penderita. 

 "MK juga bisa menyerang anak-anak usia 2 hingga 10 tahun," imbuhnya.

Baca Juga: Wanita Wajib Tahu, Miss V yang Sehat Memiliki 3 Tanda Ini Moms, Cus Cek Punyamu!

Baca Juga: Miss V Kamu Tercium Bau Tak Sedap Seperti Ikan Asin? Coba Gunakan Bahan Alami Ini untuk Mengatasinya, Simak Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Sri Handari