Menu

Duh Ngeri... Sederet Tanda-tanda di Kaki Ini Ternyata Menandakan Masalah Hati, Cek Sekarang Beauty!

25 Januari 2023 07:15 WIB
Duh Ngeri... Sederet Tanda-tanda di Kaki Ini Ternyata Menandakan Masalah Hati, Cek Sekarang Beauty!

Ilustrasi penyakit perlemakan hati atau fatty liver (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, hati adalah bagian integral dari tubuh yang membantu melakukan berbagai fungsi. Ya, organ ini membantu detoksifikasi tubuh dengan menghilangkan zat berbahaya dari aliran darah, memetabolisme obat-obatan dan bahan kimia lainnya, mengatur kadar gula darah dengan memproduksi dan menyimpan glukosa, menghasilkan empedu yang membantu mencerna lemak dan menyerap vitamin yang larut dalam lemak, dan mengatur kadar kolesterol darah. 

Inilah sebabnya ketika hati menjadi buruk, itu dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan.

Namun, masalah hati bisa bergejala dan tak bergejala. Penyakit hati berlemak misalnya mungkin tak menimbulkan gejala yang terlihat pada tahap awal. Namun, seiring berkembangnya penyakit, masalah kesehatan tertentu mungkin mulai muncul. 

Untuk lebih jelasnya, yuk waspadai tanda-tanda ini di kaki yang mengindikasikan kamu punya masalah hati, sebagaimana dikutip dari Times of India, Rabu (25/1/2023).

1. Bengkak dan nyeri di kaki 

Nyeri kaki bisa menjadi tanda umum penyakit hati. Ketika hati berhenti berfungsi dengan baik, itu menyebabkan kelebihan cairan dan racun menumpuk di tubuh bagian bawah, menyebabkan edema perifer. 

Selain itu, beberapa penyakit hati, seperti sirosis, juga dapat menyebabkan kondisi yang disebut hipertensi portal, yang dapat menyebabkan pembentukan varises pada tungkai dan kaki, yang dapat menimbulkan rasa nyeri.

Baca Juga: Waspada Beauty, Ini Sederet Tanda dan Gejala Awal yang Menandakan Kerusakan Hati Akibat Kebanyakan Minum Alkohol, Asli Efeknya Ngeri!

Baca Juga: Waspadai Penyakit pada Liver, 5 Tanda Ini Jadi Gejala Organmu Mulai Gak Sehat

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.