Menu

Waspada, Ini 3 Masalah Kesehatan Akibat Kurang Berolahraga, Salah Satunya Meningkatkan Risiko Kanker!

25 Januari 2023 08:10 WIB
Waspada, Ini 3 Masalah Kesehatan Akibat Kurang Berolahraga, Salah Satunya Meningkatkan Risiko Kanker!

Ilustrasi anak muda bermalas-malasan (Freepik/lifestylememory)

HerStory, Bekasi —

Banyak orang yang malas berolahraga karena terlalu asyik bermain dengan gadget. Padahal, ada sejumlah dampak buruk yang mengintai jika malas berolahraga.

Menurut World Health Organization (WHO), gaya hidup yang gak aktif secara fisik menjadi penyebab dari kematian 2 juta orang di dunia per tahunnya. Itulah alasannya seseorang disarankan untuk rajin berolahraga.

Nah, dihimpun dari berbagai sumber, berikut masalah kesehatan akibat kurang berolahraga. Apa saja?

Meningkatnya risiko penyakit jantung

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Circulation Research menyatakan, kurang olahraga dan gak aktif secara fisik dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Pasalnya, olahraga bisa memperkuat jantung dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga kadar oksigen di dalam tubuh jadi stabil.

Meningkatnya risiko kanker

Malas atau jarang berolahraga bisa meningkatkan risiko berbagai macam kanker. Sejumlah studi membuktikan, gaya hidup bermalas-malasan dan gak aktif secara fisik mampu meningkatkan risiko kanker kolorektal (usus besar), payudara, paru-paru, hingga ovarium.

Gampang lelah

Jarang berolahraga dapat membuat tubuh gampang lelah dan gak bertenaga. Karena dari aktivitas berolahraga, darah akan lebih banyak mengandung oksigen. Oksigen inilah yang menjadi kekuatan untuk tetap segar dan kuat melakukan aktivitas.

Itulah beberapa dampak buruk kurang olahraga. Mulai sekarang yuk biasakan untuk berolahraga.

Baca Juga: Taruhannya Nyawa, Ini 4 Olahraga yang Paling Berbahaya di Dunia, Berani Coba?

Baca Juga: Waspada, 5 Kondisi Rambut Ini Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan, Salah Satunya Rambut Rontok

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.