Menu

3 Tanda Penyakit Mental pada Anak yang Gak Boleh Diabaikan, Moms Wajib Tahu!

25 Januari 2023 09:10 WIB
3 Tanda Penyakit Mental pada Anak yang Gak Boleh Diabaikan, Moms Wajib Tahu!

Ilustrasi anak yang tak sengaja melihat orang tuanya sedang berhubungan intim. (Freepik/karlyukav)

HerStory, Bekasi —

Penting untuk menjaga kesehatan anak, termasuk kesehatan mentalnya. Pasalnya, gak mudah untuk mengidentifikasi penyakit atau gangguan mental pada anak karena gejalanya berbeda dengan orang dewasa.

Sebagai orangtua, Moms perlu mengetahui tanda-tanda penyakit mental pada anak. Penyakit mental pada anak adalah keterlambatan atau gangguan dalam perkembangannya. Ini meliputi pemikiran, perilaku, hingga mengatur emosi.

Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa tanda penyakit mental pada anak.

Perubahan mood

Perubahaan mood atau suasana hati anak yang berubah secara tiba-tiba bisa menjadi salah satu tanda penyakit mental. Kondisi ini bisa berlangsung sebentar hingg jangka waktu yang gak menentu. Ini juga merupakan gejala umum dari depresi, ADHD, hingga kelainan bipolar.

Perubahan perilaku

Tanda penyakit mental pada anak yang satu ini tergolong mudah disadari melalui aktivitas anak sehari-hari. Ketika anak menjadi lebih sering bertengkar, kasar, hingga berkata kasar yang menyakiti orang lain padalah sebelumnya enggak, Moms perlu curiga. 

Penurunan berat badan

Penurunan berta badan juga bisa jadi tanda penyakit mental pada anak. Gangguan makan, stres, hingga depresi dapat menjadi penyebab si kecil kehilangan nafsu makan, mual, dan muntah yang berkelanjutan.

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.