Menu

Jangan Sepelekan! Kenali 4 Ciri Keputihan Kanker Serviks yang Gak Banyak Orang Tahu, Yuk Kenali Sebelum Terlambat Moms

25 Januari 2023 12:00 WIB
Jangan Sepelekan! Kenali 4 Ciri Keputihan Kanker Serviks yang Gak Banyak Orang Tahu, Yuk Kenali Sebelum Terlambat Moms

Ilustrasi vagina yang mengalami keputihan (Pexel/Ivan Babydov)

HerStory, Jakarta —

Kanker serviks masih menjadi slaah satu jenis kanker yang membayang-bayangi setiap wanita. Pasalnya, penyakit ini bisa merenggut penderitanya dengan sekejap Moms. Oleh sebba itu, pencegahan dan deteksi penting untuk dilakukan sedini mungkin.

Nah, untungnya ada beberapa ciri kanker serviks yang bisa dilihat dari cairan keputihan Moms. Lantas, seperti apa ciri-ciri keputihan yang menandakan adanya kanker serviks? Berikut ulasannya seperti dilansir dari laman World Health Organization, Rabu (25/1/2023). 

1. Keputihan berwarna coklat

Jika kamu memiliki keputihan yang normal, seharusnya cairan yang keluar tidak memiliki warna alias bening Moms. Atau setidaknya berwarna putih susu. Tapi, jika kamu mengeluarkan keputihan berwarna kecoklatan, ini tandanya ada pertumbuhan jaringan abnormal seperti fibroid pada sistem reproduksimu.

Pertumbuhan jaringan abnormal tersebut sebagai tanda kanker serviks. Itulah yang membuat warna keputihan Anda berubah.

2. Keputihan disertai darah

Saat kamu melihat bercak darah keluar bersama keputihan di luar jeda periode menstruasi atau menopause, sebaiknya segera kunjungi dokter untuk berkonsultasi.

Keberadaan darah dalam keputihan tersebut menunjukkan adanya nekrotik atau potongan jaringan yang berasal dari leher rahim. Kondisi ini juga menandakan adanya tumor yang sedang berkembang di dalam serviks.

Baca Juga: Jangan Disepelekan Moms! 5 Jenis Keputihan yang Gak Lazim Ini Ternyata Mengindikasikan Tanda Kanker Serviks, Duh Ngeri...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Sri Handari