Menu

Jangan Sepelekan Moms! Ini Sederet Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua untuk Cegah Stunting

25 Januari 2023 22:30 WIB
Jangan Sepelekan Moms! Ini Sederet Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua untuk Cegah Stunting

Ilustrasi anak-anak yang memiliki masalah gizi (Shutterstock/Gary Yam)

HerStory, Bandung —

Stunting menjadi salah satu permasalahan yang kini masih jadi momok bagi masyarakat. Stunting atau kerdil sendiri merupakan sebuah kondisi anak di mana anak berusia dibawah dua tahun gagal tumbuh karena kurangnya gizi dalam jangka waktu lama atau bisa disebut sebagai kronis. 

Hal ini umumnya terjadi saat ibu hamil hingga anak tumbuh selama golden period atau 1000 hari pertama masa perkembangan otak anak. Masa ini pun sangat krusial dan sangat penting. 

Dr. dr. Dian Pratamastuti Sp.A., dokter anak sekaligus pembicara kesehatan menyampaikan beberapa cara untuk mencegah stunting dalam talkshow  Crystal of the Sea yang bertajuk  “Upaya Bersama Mencegah Stunting” pada Rabu (25/1/2022). Berikut adalah beberapa cara yang disarankan untuk mencegah stunting, diantaranya:

1. Ibu hamil wajib mengonsumsi nutrisi gizi seimbang

“Ibu hamil itu bisa makan apapun yang dinilai bergizi dan baik. Banyak-banyak konsumsi protein selama kehamilan supaya didapatkan gizi janin yang baik. Sehingga nanti janin tidak mengalami pertumbuhan yang terhambat dari dalam,” ungkapnya.

2. Pemberian makanan pendamping asi usia 0-6 bulan

“Ibu hamil juga harus diedukasi untuk meneruskan konsumsi makanan yang bergizi, tinggi protein, cukup lemak agar ASI bagus, kental sehingga bayi bertumbuh baik,” jelasnya.

Baca Juga: Mengapa Pernikahan Dini Harus Dicegah? Ternyata Nggak Cuma Sebabkan Stunting, Ini 4 Dampak Buruk Lainnya Bagi Kesehatan

Baca Juga: Bantu Program Pemerintah Tekan Angka Stunting, ABC Luncurkan Sarden Goreng Bumbu Serundeng, Solusi Praktis Makan Ikan Nih Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.