Menu

Waspada Moms, Berat Badan Berlebih atau Obesitas Ternyata Bisa Picu Kanker Serviks, Ini Tandanya!

26 Januari 2023 10:15 WIB
Waspada Moms, Berat Badan Berlebih atau Obesitas Ternyata Bisa Picu Kanker Serviks, Ini Tandanya!

Ilustrasi kanker serviks. (pinterest/freepik)

HerStory, Bandung —

Kanker serviks menjadi salah satu kanker yang memiliki angka kematian tertinggi di Indonesia. Saat ini penyakit kanker serviks menempati nomor 2 sebagai jenis kanker yang paling banyak diderita perempuan Indonesia.

Diketahui, salah satu penyebab kanker serviks pun bisa dikarenakan barat badan yang berlebih atau obesitas. Obesitas merupakan suatu gangguan yang melibatkan lemak tubuh berlebihan. Ini bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan tubuh. Lalu, apakah benar obesitas dapat meningkatkan risiko kanker serviks? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Mengapa Obesitas Tingkatkan Risiko Kanker Serviks?

Wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas diketahui hampir dua kali lipat menderita kanker rahim. Ilmuwan Universitas Bristol menganalisis data 120.000 sukarelawan dari tujuh negara maju, termasuk Inggris untuk membuktikan hubungan kelebihan berat badan dan kanker rahim.

Indeks massa tubuh antara 18 hingga 25 berada dalam kisaran yang sehat. Sedangkan, indeks massa tubuh 25 hingga 30 dianggap kelebihan berat badan. Lalu, BMI 30 ke atas termasuk obesitas.

Para peneliti menemukan risiko seorang wanita terkena kanker rahim melonjak 88 persen ketika BMI bertambah 5. Hal ini dikarenakan berat badan dapat mengganggu kadar dua hormon utama, yakni insulin dan testosteron yang membantu memicu penyakit.

Kanker serviks juga memang dikenal sebagai endometrium atau rahim yang mempengaruhi hampir 10.000 wanita per tahun. Penyakit ini pun terkait erat dengan obesitas serta kelebihan berat badan yang bertanggung jawab atas sepertiga kasus.

Baca Juga: Jangan Disepelekan Moms! 5 Jenis Keputihan yang Gak Lazim Ini Ternyata Mengindikasikan Tanda Kanker Serviks, Duh Ngeri...

Baca Juga: Jangan Sepelekan! Kenali 4 Ciri Keputihan Kanker Serviks yang Gak Banyak Orang Tahu, Yuk Kenali Sebelum Terlambat Moms

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.