Pernah ngga kalian ngerasa sebenernya ada banyak waktu luang tapi kalian ngga ada pekerjaan atau tugas yang selesai? Akhirnya kita jadi deadliner sejati dan serba terburu-buru. Tugas yang kita buat juga jadi ngga maksimal lho. Kalau sudah begini, prestasi kerja perlahan bisa menurun lho. Pastinya ngga ingin hal itu terjadi kan. Nah mungkin Beauty bisa coba teknik Pomodoro biar produktif. Teknik ini berasal dari Italia, dan uniknya kata Pomodoro sendiri dalam bahasa Italia berarti tomat. Teknik ini adalah teknik belajar berdasarkan manajemen waktu yang diciptakan oleh Fransesco Cirillo pada tahun 1980. Dibalik penemuan teknik ini, ada cerita menarik dari sang penemu. Dulu Fransesco adalah orang yang susah fokus sampai akhirnya ia menyadari kalau harus ada waktu istirahat ditengah waktu kerja. Akhirnya, Fransesco menggunakan tomat sebagai timer dapurnya. Makanya teknik ini dinamakan Podomoro karena memang memakai buah tomat untuk mengatur waktu.

Cara menerapkan teknik ini cukup mudah. Teknik Pomodoro membagi waktu belajar setiap 25 menit. Ketika waktu belajar berakhir, kita harus beristirahat selama 3-5 menit. Ingat ya, maksimal 5 menit saja dan jangan terlena seperti biasanya Beauty. Selama istirahat, kalian bisa minu, ke toilet, atau sekedar mengecek smartphone. Beauty bisa melakukannya selama empat waktu kerja. Artinya, ketika sudah 2 jam, Beauty bisa melakukan istirahat yang cukup panjang sekitar 15-30 menit. Teknik ini sengaja diciptakan untuk menghindari distraksi. Kita belajar mengontrol hal-hal yang bisa bikin kita ngga fokus tapi disisi lain kita juga harus beristirahat sejenak biar ngga cepet capek.

Baca Juga: Kalau Moms Lagi Ngerasain Mager Berkepanjangan, Yuk Coba 'Kaizen', Tips Produktif ala Orang Jepang!

Meskipun terlihat kurang leluasa kalau menerapkan teknik ini, tapi dampaknya Beauty jadi bisa produktif dalam waktu yang panjang dan ngga cepet capek lho. Teknik ini bisa digunakan kalau ada deadline tapi masih banyak yang harus dikerjakan. Orang-orang yang udah menerapkan teknik ini juga mengaku menjadi lebih produktif dan bisa mengatur jam kerja. Sampai-sampai, teknik ini juga dibuatkan aplikasi khusus di Google Play Store lho. Kalau Beauty takut timer kurang tepat, Beauty bisa mencari dengan kata kunci pomodoro. Banyak banget aplikasi yang bisa Beauty pakai, tinggal menyesuaikan dengan apa yang Beauty mau ya. Nah sekarang udah ngga ada lagi alasan mengeluh deadline tapi masih malas kan? Selamat mencoba, Beauty.