Beauty pasti sering mendengar perdebatan ini. Tim yang kalau bekerja pasti sambil mendengarkan lagu dan tim yang ngga suka dengerin lagu kalau lagi bekerja. Katanya, dengan mendengarkan lagu saat bekerja bisa memaksimalkan kemampuan. Kira-kira bener ngga ya? Sebuah penelitian yang dilakukan oleh MacDonald pada tahuun 2012 ternyata pernah menguji tentang efek mendengarkan musik saat bekerja. Penelitian ini mengambil tiga sampel yaitu orang yang mendengarkan musik pop saat bekerja, orang yang mendengarkan musik klasik saat bekerja, dan orang yang sama sekali tidak mendengarkan musik saat bekerja. Dari ketiga orang itu, ternyata yang paling bisa fokus dan optimal saat bekerja justru orang yang ngga mendengarkan musik sama sekali. Kok bisa ya? Ternyata anggapan bahwa musik itu berpengaruh ketika kita memaikannya saat bekerja itu ngga terbukti lho. Tapi, musik cukup berpengaruh dengan kondisi emosional seseorang. Jadi, kalau kita mendengarkan musik yang pas untuk kita, efeknya kita akan good mood dan mood itu yang nantinya bisa memaksimalkan kerja.

Nah sekarang udah lebih jelas kan kalau efek mendengarkan musik saat bekerja ternyata tergantung pada orangnya masing-masing. Jadi, kalau Beauty tipikal orang yang suka mendengarkan musik sambil bekerja, Beauty disarankan untuk mendengarkan musik klasik kalau Beauty suka. Tapi, ngga masalah juga kalau Beauty mendengarkan jenis musik lain ya. Meskipun konsentrasimu akan terbagi menjadi dua, tapi mood kamu bisa jadi lebih baik daripada Beauty ngga mendengarkan musik sama sekali. Mendengarkan musik juga bisa meredakan stress lho. Makanya banyak dari Beauty yang mungkin secara ngga sadar memilih mendengarkan musik saat bekerja biar ngga terlalu stress saat mengerjakan tugas. Selain itu, ternyata musik juga bisa meningkatkan daya ingat lho. Ini bakal berguna banget kalau Beauty lagi mengerjakan sesuatu yang membutuhkan daya ingat yang kuat, misalnya saat akan menghadapi tes atau ujian.

Tapi, ada juga Beauty yang ngga bisa fokus karena terganggu dengan musik. Dalam kondisi tertentu, musik ternyata bisa bikin gagal fokus lho. Pernah ngga sih Beauty belajar sambil mendengarkan musik justru yang diketik malah lirik lagunya? Atau bahkan Beauty kebanyakan nyanyi karena gagal fokus sama lagunya yang bagus? Itu salah satu contoh kalau musik ternyata bisa memecah konsentrasi. Ada juga penelitian yang mengungkapkan kalau kita memainkan musik saat bekerja, terutama musik yang mempunyai suara vokal akan membuat penurunan kemampuan pada working memory. Akibatnya, pemahaman membaca juga akan ikut turun karena ngga sengaja terganggu dengan lirik musik. Selain itu, orang yang memiliki kepribadian introvert akan lebih mudah terganggu bila melakukan double tasking seperti menyetel musik saat bekerja. Hal ini bisa terjadi karena orang introvert akan lebih mudah terangsang daripada orang ekstrovert.

Sekarang kita jadi lebih paham kan kenapa ada orang yang suka dengerin musik saat bekerja dan ada juga orang yang ngga bisa dengerin musik saat bekerja? Ternyata banyak banget faktornya Beauty. Entah di tim mana kalian, yang terpenting adalah kalian bisa merasa nyaman dan fokus saat bekerja. Selamat beraktivitas kembali, Beauty!