Menu

Kulit Beauty Kurang Cerah? 3 Tanda Ini Menunjukkan Kulitmu Butuh Eksfoliasi

17 Desember 2020 17:25 WIB
Kulit Beauty Kurang Cerah? 3 Tanda Ini Menunjukkan Kulitmu Butuh Eksfoliasi

ilustrasi wanita membersihkan wajah (Freepik/Jcomp)

HerStory, Purwokerto —

Beauty lagi mengalami masalah kulit seperti komedo atau kulit kusam? Bisa jadi itu tanda kulitmu butuh eksfoliasi. Nah bagi Beauty yang masih awam sama eksfoliasi, ngga ada salahnya mencoba kan? Eksfoliasai wajah adalah salah satu cara untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Biasanya, eksfoliasi dilakukan seminggu sekali. Sebenarnya ngga ada ukuran yang pasti kapan seseorang melakukan eksfoliasi karena ketahanan kulit setiap orang berbeda-beda. Untuk hasil yang lebih maksimal, Beauty bisa pertama kali mencobanya seminggu sekali dulu. Setelah seminggu sekali dirasa kurang ada perubahan, Beauty bisa membiasakannya dua kali seminggu. Tapi perlu diingat ya Beauty. Teknik eksfoliasi jika dilakukan terlalu sering juga akan mengiritasi wajah dan membuat kulit sensitif. Bagi Beauty yang punya kulit sensitif sebaiknya jangan lakukan eksfoliasi dulu karena skin barrier kamu masih rapuh. Kalau masih ingin mencobanya, pilihlah produk eksfoliasi yang efeknya tidak terlalu keras.

Tapi untuk menentukan apakah kulit perlu eksfoliasi atau tidak, mungkin kita suka bingung. Ingin mencoba, tapi takut menimbulkan efek negatif. Tapi jika kulit Beauty sudah menunjukkan tanda-tanda ini, ngga ada salahnya Beauty mencoba eksfoliasi. Yuk kita simak kondisi kulit apa saja yang menunjukkan kulit butuh eksfoliasi.

1. Wajah Kusam

Beauty merasa kulit makin kusam? Ternyata, ngga pernah melakukan eksfoliasi bisa menimbulkan wajah yang kusam. Hal ini terjadi karena sel kulit mati menumpuk di wajah. Pada umumnya, sel kulit mati akan mengelupas atau terganti secara alami selama kurang lebih 28 hari sekali. Tapi, sel kulit mati terkadang ngga mengelupas sepenuhnya lho! Sel yang ngga mengelupas sempurna itu akhirnya menimbulkan berbagai masalah seperti kulit kering, bersisik, dan tentunya membuat wajah tampak kusam. Nah, jangan-jangan selama ini Beauty mempunyai kulit kusam karena ngga pernah melakukan eksfoliasi wajah. Ada baiknya Beauty juga perlu melakukan eksfoliasi. Kalau Beauty menginginkan home treatment, Beauty bisa menggunakan produk skin care yang mengandung Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang berfungsi untuk mencerahkan kulit. Tapi, jangan ganti semua skin caremu ya. Coba dulu salah satu produk saja, misalnya Beauty menggunakan toner dengan kandungan AHA.

Baca Juga: Pusing Beruntusan Semuka? Pakai Cara Ini, Beauty! Dijamin Ampuh!!

Baca Juga: Beruntusan di Dahi Menganggumu Beauty? Atasi dengan Beberapa Hal Ini!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.