Menu

1.645 Anak Indonesia Alami Diabetes, IDAI Beberkan Sederet Penyebabnya, Screen Time Berlebihan Jadi Salah Satu Biang Keroknya!

06 Februari 2023 10:15 WIB
1.645 Anak Indonesia Alami Diabetes, IDAI Beberkan Sederet Penyebabnya, Screen Time Berlebihan Jadi Salah Satu Biang Keroknya!

Ilustrasi anak sering pipis gejala dari diabetes mellitus. (Freepik/maria_sbytova)

HerStory, Jakarta —

Moms, penyakit diabetes tipe 2 enggak hanya bisa menyerang orang dewasa saja, tapi anak-anak juga bisa menderitanya. Diabetes tipe 2 ini merupakan kondisi ketika kadar gula darah melebihi nilai normal akibat resistensi insulin.

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), tercatat ada sekitar 1.645 anak yang menderita diabetes di Indonesia saat ini. Kasus terbanyak ada di Jakarta dan Surabaya.

Ketua Unit Kerja Koordinasi Endokrinologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Muhammad Faizi, membeberkan penyebab anak-anak bisa terserang diabetes, salah satunya karena screen time berlebihan.

"Gadget pada anak menyebabkan penurunan aktivitas, sehingga risiko gemuknya lebih besar diikuti dengan risiko diabetes tipe 2," kata Faizi, dalam konferensi pers beberapa waktu lalu.

Selain itu, ada penyebab lain yang harus diwaspadai supaya anak-anak terhindar dari penyakit diabetes. Yuk, simak baik-baik, ya!

1. Malas olahraga

Jarang mengajak anak untuk berolahraga atau melakukan aktivitas fisik membuatnya mengalami obesitas. Jarang bergerak bisa membuat anak terkena diabetes.

Baca Juga: Moms Berisiko Terkena Diabetes Tipe 2? Ternyata Bisa Ambrol dengan Konsumsi Ikan Lho Moms, Simak Fakta Ilmiahnya di Sini Yuk!

Baca Juga: Penderita Diabetes Jangan Ngeyel Ya! Hindari 3 Minuman Ini Kalau Gak Mau Gula Darah Melonjak Tajam

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan