Moms, kerap kali kita merasa emosi ketika si kecil rewel atau melakukan kesalahan. Bahkan, saat emosi memuncak sering tak disadari kalau kita membentak dirinya. Waah, sebaiknya hindari hal itu ya moms. 

Sebuah penelitian menyatakan bahwa membentak anak dapat memberikan dampak buruk bagi psikologis mereka. Tentunya kamu nggak mau kan perkembangan psikologis si kecil terganggu? 

Melansir dari parenting.co.id (21/12/2020), berikut ini adalah dampak buruk yang akan didapatkan oleh anak ketika sering dibentak oleh orang tua. Simak baik-baik ya moms informasinya. 

Meghilangkan rasa percaya diri 

Moms, membentak anak tentu saja dapat menyakiti hati dan perasaannya. Ketika dirinya terlalu sering dibentak bahkan hanya untuk masalah kecil, anak akan berpikir bahwa ia tak mampu melakukan sesuatu dan tak berharga sehingga ia kahilangan rasa percaya diri. 

Merasa tak disayang 

Selain menghilangkan rasa percaya diri, membentak juga dapat membuat anak berpikir bahwa ia tak disayang oleh orang tuanya. Perlu diingat ya moms, ketika kamu membentak si kecil otaknya akan merekam kejadian tersebut dan dapat diingat sampai mereka dewasa. 

Menjadi tak terbuka pada orang tua 

Sebagai orang tua tentunya ingin anak dapat terbuka dan bercerita apapun pada kita. Namun, jika kamu sering membentaknya jangan berharap hal itu akan terjadi ya moms. Ketika kamu sering membentaknya, si kecil akan merasa takut dan nggak bebas untuk bercerita, bahkan ia cenderung tertutup pada orang tuanya. 

Baca Juga: Hati-Hati! Kebiasaan Membentak Si Kecil dapat Merusak Sel Otak Anak Lho Moms

Itu dia dampak buruk yang akan terjadi jika kamu membentak si kecil. Sebaiknya jika kamu merasa kesal, segera atur pernafasan dan tenangkan diri ya moms.