"Sebenarnya kita menyayangi ibu lebih dari apa pun, tapi kenapa sangat sulit ya untuk mengatakannya?" Kalau kamu ada di posisi ini, tenang aja kamu gak sendirian. Faktanya, banyak orang yang merasa malu untuk mengungkapkan perasaan sayang pada ibu.

Bukan tanpa alasan, ternyata memang ada faktor-faktor yang memengaruhi kamu sehingga gengsi untuk mengungkapkan rasa sayangmu. Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa alasannya.

1. Faktor Psikologis

Bagi sebagian orang, mengungkapkan kata-kata sayang bukanlah hal yang terlalu penting. Mereka lebih menganggap bahwa tindakan lebih baik daripada sekadar kata-kata. Jika ragu dalam mengungkapkan kata-kata, bukan berarti tidak sayang, ya! Setiap orang punya caranya masing-masing untuk mengungkapkan rasa sayang.

2. Takut dan Malu

Takut dan malu adalah dua hal yang sering menghantui kita ketika saat kecil. Namun anehnya, dua perasaan itu malah semakin akrab saat beranjak dewasa. Padahal secara logika, seharusnya orang dewasa lebih berani dan mampu mengalahkan rasa takut dan malu. Sayangnya, takut dan malu memang menjadi penghambat terbesar beberapa orang untuk mengungkapkan cintanya kepada ibu. Merasa sudah terlalu besar untuk bilang “I love you” kepada ibu? Percayalah, sebesar apa pun usia kita, kita tetaplah anak kecil bagi ibu.

3. Tidak Terbiasa

Baca Juga: Happy Mother's Day! Isi Hati 4 Remaja tentang Ibunya, Bikin Menyentuh...

Ada pepatah yang mengatakan "kita bisa karena terbiasa". Pepatah ini juga berlaku pada kasus mengungkapkan kasih sayang pada ibu. Orang yang jarang mengungkapkan rasa sayang pastinya akan merasa canggung jika diminta untuk melakukannya. Tetapi cobalah untuk mengusahakannya. Barang kali hal kecil sperti ungkapan sayangmu itu bisajadi sumber kebahagiaan besar bagi ibumu.