Moms mungkin pernah suatu hari ngga sengaja ngomong “aduh kamu bandel banget sih, pasti diajarin ayah”. Kalau Moms sudah pernah atau bahkan sering mengugkapkan kata-kata yang merendahkan pasangan sebaiknya jangan dilakukan lagi ya Moms. Dad shaming adalah ujaran atau komentar negatif dan merendahkan ayah yang diucapkan karena “kesalahan” pengasuhan anak. 

Mungkin bisa jadi niatnya hanya mengingatkan. Tapi, komunikasi yang baik cenderung luput dan hanya berisi kata-kata pedas saja. Mirisnya, kritik ini justru datang dari orang-orang terdekat seperti pasangan (istri), keluarga, teman, atau lingkungan sekitar. Kita juga sering menjumpai dad shaming di ruang terbuka publik seperti saat acara keluarga, mengambil rapor anak, dan kegiatan di tempat umum lainnya.

Dad shaming ini ternyata bisa berdampak cukup serius bagi ayah lho Moms. Karena kritik setitik, kepercayaan diri sebagai seorang ayah menjadi runtuh. Lebih parahnya lagi, ayah bisa jadi semakin tidak ingin ikut mengasuh anak. Pengasuhan akan sepenuhnya dipengang Moms dan itu akan berdampak juga ke si kecil. Wah gawat banget Moms kalau dampaknya sampai seperti ini. Bisa-bisa si kecil merasa kurang diperhatikan oleh ayahnya sendiri. Padahal kita juga tahu kalau mengasuh anak ngga cuma dilakukan ibu aja, tetapi juga ayah. 

Setelah tahu dampaknya ternyata bisa membuat ayah stres, Moms bisa melakukan beberapa cara ini. Pertama, selalu dukung pasangan ketika melakukan pengasuhan. Moms juga jangan membandingkan dengan ayah lainnya ya. Kalau pasangan salah, coba sampaikan dengan lebih baik dan tanpa menjatuhkan. Kedua, ketika ada orang lain yang melakukan dad shaming, sebagai pasangan Moms bisa menenangkan dan memberikan pengertian. Moms bisa bertanya tentang perasaannya ketika ia mendapatkan kata-kata negatif. Ketiga, Moms juga harus memberikan pengertian kepada orang sekitar biar ngga melakukan dad shaming. Sebisa mungkin Moms berdiskusi dengan mereka kalau pasangan merasa tertekan dengan omongan mereka. Intinya, komunikasi dengan berbagai pihak bisa Moms lakukan agar dad shaming ngga terjadi lagi di kemudian hari.