Moms, apakah si kecil suka menyalahkan orang lain atas perbuatannya? Jika iya, kamu harus segera mengatasinya ya, karena itu bukan lah perilaku yang baik. Apabila dibiarkan begitu saja, hal itu tentu akan terus terbawa sampai ia dewasa. 

Untuk menghindari perilaku anak yang suka menyalahkan orang lain, tentu saja kita sebagai orang tua perlu untuk mengajarkannya. Selain itu, kita juga perlu lho untuk mencari tau apa saja sih penyebab si kecil menyalahkan orang lain. 

Merangkum dari berbagai sumber (22/12/2020), berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan anak suka menyalahkan orang lain. Yuk, simak informasinya moms! 

Cara anak membela dirinya 

Nggak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa untuk membela dirinya sendiri lho moms. Hal itu karena sifat alami manusia untuk mempertahankan diri ketika merasa terancam oleh orang lain. Namun perlu diingat ya moms, apakah saat anak membela dirinya sendiri, ia benar-benar tak melakukan kesalahan? 

Kerap kali anak menyadari kesalahan yang telah diperbuat, akan tetapi ia memilih untuk melemparkan kesalahan itu pada orang lain karena dirinya merasa takut dimarahi. Ketika hal itu terjadi, sebaiknya nasihati si kecil secara baik-baik ya moms. Karena melemparkan kesalahan pada orang lain adalah hal yang tak baik.