Menu

Presiden Jokowi Minum Jahe Merah 3 Kali Sehari, Intip Manfaatnya Berikut!

12 Maret 2020 16:15 WIB
Presiden Jokowi Minum Jahe Merah 3 Kali Sehari, Intip Manfaatnya Berikut!

Presiden Joko Widodo (Instagram/jokowi)

HerStory, Jakarta —

Merebaknya COVID-19 di Indonesia, membuat Presiden Jokowi lebih memperhatikan kesehatannya. Salah satunya dengan mengonsumsi jahe merah yang diyakini baik untuk kesehatan. Jokowi mengaku minum jahe merah tiga kali dalam sehari demi menjaga kesehatannya. 

"Saya biasanya tiap hari minum itu, temulawak, jahe, sereh, kunyit, saya campur. Saya minum hanya pagi hari. Sekarang karena ada virus corona, saya minumnya pagi, siang, malam,"ujarnya di Istana Negara, Jakarta.

Baca Juga: Jamu Penangkal Corona: Ini Khasiat Jahe, Temulawak, dan Kunyit yang Bisa Meningkatkan Imun Tubuh

Zingiber officinale atatu jahe merah menjadi salah satu rempah-rempah yang paling dicari saat ini. Tanaman obat satu ini disebut dapat mencegah virus Corona. Kandungan yang dimilikinya mampu menjaga imun tubuh. Makanya enggak heran, kalau banyak yang membelinya akhir-akhir ini.

Kira-kira apa aja sih manfaat dari jahe merah itu? Beauty penasaran? Mengutip dari berbagai sumber, Kamis (12/3/2020), berikut lima di antaranya:

Meningkatkan kekebalan tubuh

Beauty perlu tahu kalau ekstrak jahe merah itu mampu menghambat pertumbuhan bakteri dalam tubuh. Semakin sedikit bakteri jahat dalam tubuh, ini artinya berdampak pada kekebalan tubuh atau imun yang semakin membaik. 

Meredakan batuk

Sudah sejak lama, khasiat jahe merah digunakan sebagai obat untuk mengatasi batuk dan juga sakit tenggorokkan. Kamu bisa mengolahnya menjadi teh, Beauty. Sifat jahe yang hangat bisa menghalau batuk dan rasa sakit tenggorakkanmu itu.

Baca Juga: Stok Kunyit dan Jahe Menipis? Jangan Beli Terlalu Berlebihan Ya!

Meredakan sakit kepala

Kalau kamu sakit kepala, mulai sekarang coba deh mengobatinya dengan ramuan jahe merah. Cara bikinnya gampang kok! Kamu bisa mengirisnya tipis dan seduh dengan air panas. Sensasi hangat akan kamu rasakan dan sakit kepalamu akan hilang, Beauty!

Meredakan mual

Jahe merah juga dapat meredakan mual dan juga muntah, Beauty.  Rasanya yang sedikit pedas dan wangi khas, jahe juga dipercaya bisa mengurangi efek mual yang diakibatkan dari efek samping operasi, kemoterapi, dan juga kehamilan.

Mengurangi peradangan

Manfaat lainnya ialah dapat mengurangi peradangan. Jahe merah bisa mengurangi peradangan yang disebabkan oleh nyeri sendi osteoarthritis dan rematik. Hal tersebut dikarenakan kandungan aktif dalam jahe merah seperti gingerol, gingedione, dan zingeron yang mammpun menurunkan zat pemicu peradangan tubuh.

Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Kasus Covid-19 Kembali Meroket, Ini Pesan Jokowi untuk Masyarakat

Baca Juga: Sosok Pacar Baru Kaesang Pangarep Bukan Orang Sembarangan, Profesi Mendiang Ayah Erina Gudono Ternyata...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.