Pembalut dan pantyliner merupakan salah satu produk yang pastinya selalu diandalkan oleh para wanita. Namun, meskipun kerap digunakan oleh wanita setiap bulannya, ternyata masih banyak lho yang tanpa sadar telah melakukan kesalahan. 

Perlu diketahui, kesalahan dalam memilih pembalut atau pantyliner dapat menyebabkan iritasi pada vagina. Merangkum dari berbagai sumber (22/12/2020), berikut ini adalah tips untuk memilih produk pembalut dan pantyliner dengan baik. Ketika kamu memilih produk yang baik, tentu saja hal itu dapat mencegah terjadinya iritasi dan infeksi pada area kewanitaan. Simak informasinya baik-baik ya beauty

Pilih ukuran yang tepat 

Beauty, agar darah menstruasi nggak menembus ke underwear dan pakaian kamu, sebaiknya sesuaikan pembalut dengan kebutuhan ya. Saat ini sudah tersedia pembalut dengan panjang 35cm bahkan 42cm, kamu bisa pilih ukuran tersebut saat siklus menstruasi baru dimulai. Karena biasanya pada awal masa menstruasi, darah yang keluar akan cukup banyak. Jika darah yang dikeluarkan sudah berkurang, kamu bisa gunakan pembalut yang lebih kecil dengan ukuran 23cm atau kamu juga bisa gunakan pantyliner. 

Ganti setiap 3-4 jam sekali 

Ini adalah aturan wajib jika kamu tak ingin terkena penyakit. Biasakan untuk rutin ganti pembalut atau pantyliner setiap 3-4 jam sekali ya beauty. Jika kamu menggunakanya terlalu lama, daerah miss V akan terasa lembab dan menyebabkan gatal karena penumpukan bakteri. 

Hindari produk dengan wewangian 

Produk pembalut dan pantyliner dengan wewangian memang efektif untuk membantu hilangkan bau tak sedap pada area kewanitaan. Namun perlu diketahui, produk dengan wewangian tentu memiliki tambahan zat parfum di dalamnya. Jika digunakan secara terus-menerus, tentu saja hal itu dapat mengganggu keseimbangan pH pada miss V dan juga bagi sebagian orang dapat menyebabkan alergi. 

Itu dia 3 hal wajib yang harus kamu perhatikan saat menggunakan pembalut ataupun pantyliner. Pastikan untuk selalu jaga kebersihan area kewanitaan ya beauty