Moms tahu ngga kalau menangis itu salah satu cara berkomunikasi bayi? Saat si kecil belum mengenal bahasa, ia hanya bisa menangis biar Moms dan pasangan tahu apa yang diinginkannya. Ia bisa saja lapar, popok basah, ingin dipeluk, atau terganggu sesuatu. Tapi, si kecil sering nangis tengah malam engga sih Moms? Kadang kita sebagai orang tua juga bingung dan was-was, takut terjadi apa-apa ke si kecil. Apalagi kalau si kecil menangisnya hampir setiap malam. Jangan-jangan ada yang salah nih. Ngga jarang juga kita mengaitkannya dengan hal-hal mistis saking takutnya. 

Tapi, si kecil yang sering menangis saat tertidur ini ada alasan ilmiahnya kok Moms. Jadi bukan karena ada pengaruh mistis ya. Kira-kira ini 4 alasan si kecil menangis waktu dia lagi bobo.

1. Mimpi Buruk

Bayi ternyata bisa aja mimpi buruk Moms. Umumnya, bayi yang mengalami mimpi buruk ini sudah berusia 18 bulan. Si kecil yang mengalami mimpi buruk ini biasanya karena sakit atau kurang tidur. Nah bagi Moms yang terbangun karena tangisan si kecil akibat mimpi buruk, Moms bisa menggendongnya dan menenangkannya. Moms juga bisa menepuk-nepuk lembut tubuhnya biar ia merasa ada yang menenangkannya. Moms juga bisa membuat suara-suara yang lembur biar si kecil bisa tertidur lagi.

2. Jam Tidur yang Belum Teratur

Buat Moms yang punya bayi baru lahir, jangan kaget ya kalau ia sering menangis saat tidur. Bayi yang baru lahir ini belum punya jadwal tidur yang teratur. Si kecil juga belum bisa membedakan siang dan malam. Jadi jangan heran ya Moms kalau si kecil tiba-tiba terbangun atau mengigau saat tidur. Kalau si kecil terbangun, pastikan Moms menidurkannya lagi ya. Moms harus membiasakan jam tidurnya biar ia tahu kapan ia harus tidur. Kebiasaan ini harus dilakukan biar siklus tidur si kecil jadi teratur.

3. Basah Popok

Baca Juga: Moms, Inilah Alasan-alasan Mengapa Si Kecil Rewel saat Diberi ASI

Popok yang udah penuh bisa bikin si kecil menangis tengah malam Moms. Rasa engga nyaman karena udah basah banget bikin si kecil jadi susah tidur. Karena si kecil belum mengerti bahasa, akhirnya yang bisa dilakukan cuma menangis. Bayi yang bangun karena basah popok biasanya punya ciri khusus yaitu nangisnya semakin keras. Selain itu, si kecil yang udah terbangun di tengah malam karena basah popok ngga gampang tidur lagi lho. Kalau seperti ini, Moms bisa melakukan beberapa trik seperti menyetel lagi klasik, menyanyi dengan suara yang lembut, atau mengusap-usao keningnya.