Ibu-ibu muda mungkin belum terbiasa dan terlatih ya mengganti popok si kecil. Walaupun terlihat sederhana, tapi mengganti popok bisa jadi kesulitan tersendiri lho. Terlebih si kecil yang baru berusia satu bulan bisa buang air besar sebanay 4-8 kali sehari. Mau engga mau, Moms harus belajar untuk mengganti popok. Moms mungkin takut si kecil jadi engga nyaman, atau takut salah urat karena terlalu keras saat mengganti popok. Moms jangan khawatir ya. Kuncinya, Moms jangan takut untuk mencoba. Kalau Moms masih ragu, Moms bisa mempraktekkannya dengan boneka yang berbentuk seperti bayi. Moms juga bisa meminta pasangan atau orang tua untuk mendampingi Moms saat mengganti popok si kecil. 

Nah untuk memulainya, Moms bisa mempersiapkan beberapa peralatan seperti kapas atau tisu basah, wadah yang diisi air hangat, handuk kering, dan popok bersih. Kalau sudah siap, Moms bisa ikuti langkah ini.

1. Mencuci Tangan

Meskipun terlihat sepele, namun mencuci tangan sebelum mengganti popok itu sangat penting MomsTerlebih mengganti popok akan bersentuhan langsung dengan kulit si kecil yang sensitif. . Pastikan tangan dalam keadaan bersih karena berbagai bakteri masih menempel di tangan kalau Moms engga membersihkannya. Moms bisa mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Setelah itu, Moms bisa mengeringkannya dengan handuk atau tissu. Untuk penggunaan hand sanitizer, sebaiknya dihindari ya Moms apabila bukan keadaan terpaksa. Kulit bayi yang sensitif bisa saja bereaksi walaupun hanya Moms yang memakainya.