Si kecil gampang banget menangis? Si kecil yang sering menangis belum tentu cengeng lho Moms. Jangan-jangan ada sesuatu yang ditakuti. Anak-anak memang punya ketakutan tersendiri sama beberapa hal. Mungkin Moms pernah tahu anak kecil yang takut banget sama badut? Atau si kecil yang sering minta ditemani saat ingin buang air kecil di malam hari? Nah kalau si kecil memang takut sama beberapa hal, kemungkinan ia menangis karena memang ada ketakutan tersendiri. Engga jarang juga si kecil sering memanggil ibunya karena takut akan sesuatu. Sosok ibu menjadi tempat berlindung bagi anak.

Nah kira-kira apa aja ya ketakutan si kecil? Ternyata, anak punya ketakutan tersendiri sesuai dengan usianya. Walaupun terkadang ketakutan ini bisa memudar seiring berjalannya usia, tapi engga jarang juga terbawa sampai dewasa. Yuk kita cari tahu apa aja ketakutan si kecil biar Moms bisa lebih paham dan bisa mendampinginya.

1. Usia 6-8 Bulan

Di usia ini, mungkin si kecil akan lebih sering menangis. Tapi percaya engga Moms, kalau si kecil menangis karena sesuatu yang engga ia mengerti. Bayi pada usia ini masih sangat minim bahasa dan ingatan tentang benda sekitar. Jadi, jangan heran ya kalau ada orang asing yang engga pernah ia temui, si kecil langsung menangis. Sesuatu yang asing itu dianggap sebagai hal yang menakutkan bagi si kecil. Selain itu, suara yang keras seperti kendaraan bermotor, benda yang pecah, hingga pintu yang terbanting dapat membuat si kecil kaget dan merasa ketakutan. Kalau sudah seperti ini, Moms bisa memberikan pelukan dan menenangkan si kecil. Pastikan moms memberikan tepukan lembut di punggungnya agar si kecil merasa nyaman dan aman.