Moms, gaya pengasuhan untuk si kecil memang bervariasi dan pasti punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Gaya pengasuhan juga akan berdampak ke si kecil. Dampak ini engga cuma dirasakan saat masih anak-anak aja lho. Saat sudah besar nanti, beberapa hasil dari gaya asuh juga masih bisa melekat. Salah satu sikap yang bisa membuat orang tua kerepotan adalah anak yang bertingkah manja. Terlalu memanjakan anak bisa membuatnya tumbuh menjadi orang dewasa yang manja. Kalau sudah seperti ini, patut diwaspadai ya Moms. Memang engga ada salahnya memberikan sesuatu sesuai kebutuhan si kecil. Tapi kalau Moms memberikan apa saja yang ia mau, si kecil akan tumbuh menjadi anak yang kurang bisa mandiri.

Dampak dari pola pengasuhan ini juga sangat banyak Moms. Meskipun si kecil engga kurang kasih sayang, tapi anak yang tumbuh dengan dimanja orang tuanya bisa mempunyai 5 sifat ini. Engga jarang juga sifat-sifat ini akan dianggap menyebalkan oleh temannya di kemudian hari. Yuk kenali apa aja sifat anak yang tumbuh dengan dimanja.

1. Ingin Selalu Diutamakan

Si kecil sering sekali merengek kalau Moms sedang melakukan pekerjaan rumah? Bisa jadi ia merengek karena ingin selalu diutamakan. Ia akan berpikir kalau Moms dan pasangan akan menempatkannya pada posisi yang paling penting dan harus didahulukan. Pemikiran seperti ini akan membuat anak merasa terlena dan selalu ingin diperhatikan. Padahal, Moms dan pasangan engga selalu bisa melayani si kecil. Masih banyak pekerjaan rumah dan pekerjaan kantor yang harus diselesaikan. Kalau udah begini, si kecil bisa ketergantungan banget sama Moms dan pasangan. Susah ya Moms kalau si kecil kemana-mana harus dengan Moms atau ayahnya. Coba Moms berikan pengertian kalau harus ada hal lain yang diselesaikan selain mengurus si kecil.