Mungkin beberapa di antara kamu sering melihat orang yang lebih suka menyendiri. Atau jangan-jangan malah dirimu sendiri? Orang yang suka menghabiskan waktu sendirian dikenal sebagai introvert.

Pertanyaan lainnya kemudian muncul. Apakah orang introvert sudah pasti antisosial? Dilansir dari berbagai sumber, jawabannya mungkin ya dan mungkin juga tidak. Terdapat banyak kemungkinan yang dapat terjadi ketika seseorang menjadi introvert, setelah itu juga menjadi antisosial, atau introvert yang tidak antisosial, serta ekstrovert yang antisosial.

Terdapat perbedaan yang jelas antara seseorang yang introvert dengan orang yang mengidap kepribadian antisosial. Seseorang yang mengidap antisosial mungkin saja mengabaikan dan melanggar hak-hak orang lain. Selain itu, seseorang yang antisosial juga konsisten menghindari urusan orang lain.

Banyak orang secara keliru berpikir bahwa introvert dan antisosial adalah suatu hal yang sama, padahal nyatanya hal tersebut berbeda. 

Orang introvert  lebih suka menyendiri dibandingkan berada di dalam keramaian. Bagi mereka, menghabiskan waktu dengan banyak orang dapat menghabiskan tenaga dan terkadang membuat frustrasi.

Sedangkan antisosial merupakan sebuah gangguan kepribadian yang menyebabkan penyimpangan perilaku dari norma-norma, yang terus dilakukan dari waktu ke waktu, dan mengarah pada perbuatan yang berpotensi membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Baca Juga: Astaga! Ternyata Ini Lho Bedanya Introvert dan Anti Sosial, Sudah Tahu Belum?

Nah jadi tidak semua orang yang introvert itu antisosial ya!