Akhir tahun biasanya dihabiskan dengan keluarga di rumah atau bahkan dengan berlibur di tempat wisata. Sayangnya, di tahun 2020 liburan di luar harus dibatasi karena penyebaran virus yang belum mereda.

Jubir Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tinggal di rumah jika tidak mendesak. Ketika memutuskan untuk berlibur di luar, tentu membutuhkan persiapan yang lebih banyak.

Untuk Moms yang berencana pergi keluar, hal yang pertama harus dilakukan adalah tes covid-19. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa Moms dan keluarga sehat dan tidak berpotensi menularkan virus. Lakukan tes juga saat Moms dan keluarga selesai berlibur.

Apalagi jika Moms dan keluarga memutuskan untuk berlibur menggunakan angkutan umum seperti bus, kapal, atau pesawat. Maka Moms dan keluarga wajib rapid test antigen dan swab PCR.

Kedua, patuhi protokol kesehatan 3M. Selalu ingat untuk menggunakan masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan. Untuk itu, sebisa mungkin usahakan untuk berlibur di tempat yang tidak terlalu ramai, ya!

Ketiga, Moms harus mengecek lokasi liburan. Apakah lokasi tersebut ada di zona aman atau tidak. Jika tempat liburan berada di zona aman, lebih baik Moms batalkan atau mencari tempat lain.

Keempat, pilihlah untuk berlibur di tempat terbuka. Tempat yang tertutup apalagi jika tidak ada ventilasi dan cahaya matahari yang minim, berpotensi lebih besar sebagai tempat penularan virus.

Baca Juga: Ketangkap Basah Unggah Video di Lokasi yang sama, Ririn Ekawati dan Ibnu Jamil Ada Apa Nih?

Stay safe dan selamat berlibur!