Merantau merupakan sebuah kegiatan yang engga asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Tradisi ini sudah melekat pada masyarakat Indonesia sejak zaman nenek moyang lho. Merantau sendiri merupakan kegiatan pergi dari tempat asal menuju ke wilayah lain untuk menetap disana. Kegiatan ini biasanya dilakukan dengan alasan yang beragam seperti untuk mencari pekerjaan, mencari ilmu, atau bahkan karena memang sudah menjadi hobi tersendiri ya Beauty. Biasanya orang-orang yang merantau untuk mencari pekerjaan akan cenderung mencari wilayah perkotaan dengan tingkat kesejahteraan hidup lebih tinggi dibandingkan dengan wilayah asalnya. Sedangkan jika merantau karena alasan lain biasanya perantau akan mencari wilayah yang menjadi impiannya atau memang wilayah tersebut dipilih secara acak. 

Untuk menjalani siklus hidup perantauan tidaklah mudah lho Beauty. Banyak resiko dan hambatan yang harus dijalani semasa perantauan salah satunya seperti harus beradaptasi dengan lingkungan di tempat baru Beauty. Beauty harus siap dengan perbedaan budaya antara tempat asal Beauty dengan tempat tinggal Beauty yang baru. Selain kendala, adapun beberapa manfaat yang dapat Beauty ambil dari merantai diantaranya yaitu mendapatkan wawasan baru tentang wilayah-wilayah di luar tempat asal Beauty. Selain itu juga Beauty akan mendapat teman-teman baru, bahkan dapat melatih Beauty dalam mengelola keuangan lho. Agar Beauty tidak kebingungan soal rantau, simak tips and trick berikut ini:

Bulatkan Tekad

Merantau bukanlah hal yang mudah untuk dijalani. Dengan keadaan lingkungan yang baru, tidak sedikit kemungkinan Beauty akan merasa tidak nyaman. Untuk mengurangi hal tersebut, Beauty harus menanamkan tekad yang kuat alasan mengapa Beauty ingin merantau. Hal tersebut kemudian dapat dijadikan motivasi ketika Beauty sedang berada di masa sulit ketika merantau. Misalnya ketika Beauty ingin kuliah di luar negeri karena itu merupakan cita-cita Beauty sejak kecil, maka hal tersebut harus ditanamkan sedalam mungkin di dalam pikiran dan hati Beauty. Jika memang sudah bulat, maka Beauty akan merasa hidup diperantauan tidaklah sesulit yang dibayangkan karena Beauty sudah mengetahui alasan awal mengapa Beauty merantau. 

Latar Belakang Daerah

Terkadang hal ini menjadi sesuatu yang disepelekan. Padahal dengan mengetahui latar belakang budaya, bahasa, bahkan tempat-tempat penting menjadikan Beauty lebih siap ketika sudah datang ke tempat rantau. Misalnya ketika Beauty yang tadinya berasal dari Suku Sunda harus merantau ke Suku Jawa. Akan ada perbedaan khususnya di bahasa. Hal tersebut harus dipersiapkan jauh sebelum Beauty melakukan perantauan agar tidak kebingungan ketika sudah sampai disana. Selain itu mengetahui tempat-tempat penting seperti stasiun, kantor kantor seperti kantor dinas pemerintahan, bahkan tempat rekreasi juga menjadi salah satu hal yang penting lho. Dengan begitu Beauty tidak kebingungan lagi harus kemana kaki dilangkahkan ketika sedang berada di suatu keadaan. 

Mencari Relasi

Mencari teman baru merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan oleh Beauty ketika merantau. Namun mencari kerabat atau teman satu kampung halaman juga tidak kalah penting ya! Kalau Beauty mengalami suatu keadaan yang menyulitkan, Beauty memiliki saudara sekampung yang siap untuk membantu Beauty. Biasanya, teman satu kampung akan merasa akrab dan sangat terikat satu sama lain sehingga pastinya akan saling menjaga dan bahu-membahu ketika masing-masing dari temannya sedang mengalami kesulitan.

Beradaptasi dengan Lingkungan Baru

Merantau ke daerah dengan latar belakang budaya yang berbeda maka harus siap juga untuk beradaptasi dengan keadaan disana. Hal ini juga bisa menguntungkan Beauty seperti menambah ilmu dan wawasan ya. Jadi Beauty jangan lupa untuk membuka diri dengan adanya perbedaan latar belakang di lingkungan yang baru supaya menjadi pribadi yang memiliki wawasan luas. Adaptasi ini mungkin bagi sebagian orang terasa cukup sulit ya. Tapi, kalau dilakukan dengan senang hati, akan berjalan dengan lancar.