Sejak COVID-19 yang mulai merebak di Indonesia, imbauan demi imbauan pun mulai digencarkan pemerintah. Salah satunya imbauan yang diberikan kepada para pengguna transportasi umum. Sejauh ini, bisa dikatakan padatnya penumpang pada transportasi umum dapat meningkatkan risiko tertularnya virus corona.

Tapi Beauty, kamu enggak perlu khawatir akan hal itu. Meski sedang menggunakan saran publik kamu masih bisa menghindari tertularnya virus corona lho!

Apalagi saat ini, petugas kesehatan pun mulai menggencarkan penggunaan hand sinitizer dan pengecekan suhu badan di beberapa titik sarana umum. Seperti antiseptik yang sering ditemui di KRL, stasiun, halte bus, dan saran publik lainnya.

Bagaimana sih cara yang tepat untuk menjaga diri agar terhindar dari penyebaran virus corona di tempat umum? Merangkum dari berbagai sumber, Jumat (13/3/2020), simak terus ulasan berikut!

Baca Juga: Unik! Ini Salam Corona ala Sri Mulyani dan Jusuf Kalla

Menjaga kebersihan tangan

Beauty, mungkin sudah jelas betul World Health Organization (WHO) menganjurkan untuk menjaga kebersihan tangan. Mencuci tangan secara rutin dengan menggunakan air dan sabun dapat mengurangi terdampaknya virus corona.

Kalau kamu lagi berpergian jangan lupa bawa hand sinitizer ya! Walaupun cuci tangan menggunakan sabun itu lebih efektif ketimbang hanya mengandalkan antiseptik saja.

Tapi seenggaknya kebersihan tanganmu tetap terjaga saat di transportasi umum. Bahkan, saat ini banyak hand sinitizer yang bisa kamu temui di beberapa titik sarana umum dan juga transportasi publik seperti KRL.

Jaga jarak

Nah, kamu bisa juga melakukan jaga jarak dengan orang di sekitar saat berada di tempat umum. WHO menyarankan untuk menjaga jarak kurang lebih 1 meter dengan orang-orang di sekitar, khususnya dengan orang yang sedang terserang flu dan batuk.

Pakai Masker

Beauty, kalau kamu sedang flu maupun batuk, sangat dianjurkan untuk menggunakan masker. Dengan menggunakan masker, seenggaknya kamu sudah membantu orang lain agar terhindar dari penyebaran virus.  

Baca Juga: Dokter Sebut Tak Perlu Pakai Masker untuk Cegah Virus Corona: Rutin Cuci Tangan Saja!

Kurangi memegang hand ring atau pintu

Beauty, kamu juga harus mengurangi kontak dengan memegang hand ring dan juga pintu. Tiang dan pegangan pada transportasi publik menjadi salah satu titik berkumpulnya kuman dan virus. Kalau terpaksa harus memegangnya segeralah mencuci tangan setelah itu ya, Beauty!

Atau mungkin kamu bisa menggunkan bagian punggung untuk membantumu membuka pintu. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terkontaminasinya virus dari gagang pintu.

Jangan sering-sering menggenggam handphone

Kalau enggak perlu-perlu banget mending jangan sering megang handphone ya Beauty! Selain aman dari jambret yang mungkin saja mendadak muncul, mengurangi menggenggam ponsel juga menjadi salah satu bentuk untuk meminimalisir penyebaran virus. Kamu perlu tahu, ponsel juga menjadi salah satu tempat bersarangnya virus dan kuman.

Banyak hal lain yang bisa kamu lakukan untuk menjaga diri agar tidak tertular virus corona saat di transportasi umum. Apa pun itu, kamu harus selalu menjaga kesehatan tubuh terutama imunmu ya, Beauty!

Stay safe and keep healthy!