Menu

Beauty Biasa Mandi Setelah Makan? Ternyata 3 Kegiatan Ini Justru Bikin Bahaya!

04 Januari 2021 07:00 WIB
Beauty Biasa Mandi Setelah Makan? Ternyata 3 Kegiatan Ini Justru Bikin Bahaya!

Ilustrasi wanita sedang mandi. (pinterest/freepik)

HerStory, Purwokerto —

Banyak orang mengawali pagi dengan sarapan. Emang perut yang lapar bikin kita ingin cepat-cepat makan di pagi hari. Habis makan, biasanya kita baru mulai aktivitas selanjutnya yaitu mandi. Beberapa orang punya alasan kalau kita mandi dulu baru sarapan, kita yang udah terlanjur sikat gigi akan sia-sia kalau makan lagi. Alasan ini yang bikin banyak orang memilih sarapan dulu baru mandi. Meskipun terlihat normal, tapi Beauty sadar engga sih kalau ternyata aktivitas ini katanya berbahaya bagi tubuh? Katanya, mandi setelah makan bisa memicu kondisi tertentu seperti kram perut.

Tapi, mitos itu engga terbukti lho Beauty. Mandi dan makan adalah dua hal berbeda yang engga saling berhubungan. Mandi berkaitan dengan kondisi fisik di luar tubuh seperti air, suhu ruangan, dan lain sebagainya. Nah, Beauty pasti penasaran kenapa mitos ini bisa begitu terkenal. Pertama, menurut beberapa pakar kesehatan, kalau kita langsung mandi setelah makan bisa bikin pembuluh darah akan melebar. Umumnya, habis kita makan, suhu tubuh akan naik karena adanya proses metabolisme. Kalau kita langsung mandi yang bersentuhan dengan suhu dingin, permukaan kulit menjadi terkejut dan bisa terjadi pembesaran pembuluh darah.

Kedua, ada seorang pakar obat-obatan herbal di India pernah berpendapat bahwa langsung mandi setelah makan bisa bikin kita pingsan. Kondisi ini terjadi karena aliran darah yang harusnya difokuskan untuk mencerna makanan justru akan teralihkan ke kulit karena mandi. Meskipun kasus ini engga semua orang mengalaminya, tapi orang dengan kondisi kesehatan tertentu bisa saja mengalaminya lho. Kalau Beauty salah satunya, sebaiknya konsultasikan ke dokter ya. Kesimpulannya, mandi setelah makan emang bisa berbahaya buat tubuh. Tapi, engga semua orang mengalaminya.

Beauty tahu engga, ada beberapa kondisi yang engga boleh dilakukan setelah makan, tapi justru kita sering banget melakukannya. Beauty mungkin suka banget habis makan terus tidur. Kondisi ini sebenarnya engga baik untuk kesehatan karena akan mengganggu proses pencernaan. Dampaknya, kita bisa kena penyakit GERD (gastoesophageal reflux disease) atau kenaikan asam lambung. Selain itu, minum teh setelah makan juga engga baik karena zat tanin dan polifenol dalam teh bisa mengganggu penyerapan zat besi. Beauty juga engga boleh olahraga setelah makan karena makanan yang belum semuanya dicerna bisa akan naik ke kerongkongan dan bisa bikin mutah. Karena itu, sebaiknya Beauty menghindari tidur, minum teh, dan olahraga setelah makan ya.

Baca Juga: Waduh, Langsung Mandi Setelah Makan Ternyata Dapat Berbahaya bagi Kesehatan! Kok Bisa?

Baca Juga: Beauty, Jangan Mandi Setelah Makan! Akibatnya Bisa Fatal Euy...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.