Kebiasaan minta maaf emang harus dibiasakan kalau kita melakukan kesalahan. Orang-orang disekitarmu bisa lebih respect karena Beauty mau mengakui kesalahan dan berusaha untuk minta maaf. Tapi, Beauty termasuk orang yang sering banget minta maaf? Bagi orang yang sering minta maaf, kita bahkan kadang enggak tahu kenapa kita minta maaf. Pikiran kita cuma menebak-nebak apakah kita melakukan kesalahan, apakah benar yang kita lakukan, dan jadi overthinking sendiri.

Karena pikiran itu, ada orang yang walaupun dia enggak melakukan kesalahan tetap meminta maaf. Dilansir dari Times of India, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kita rata-rata menyebut kata maaf sebanyak delapan kali dalam sehari. Kalau digunakan dengan tepat, kata maaf memang bisa meyembuhkan luka seseorang. Tapi kalau berlebihan, bisa jadi tanda seseorang kurang percaya diri.

Biasanya, orang yang terlalu sering meminta maaf punya beberapa alasan. Pertama karena alasan untuk menyenangkan orang lain dan enggak ingin bikin kecewa. Orang yang sering minta maaf menganggap kadang apa yang mereka perbuat kurang sesuai dengan orang lain sehingga mereka terus menerus minta maaf. Kedua, mereka adalah orang yang punya kepercayaan diri rendah. Mereka enggak pede dengan apa yang mereka lakukan dan akhirnya justru meminta maaf.

Ketiga, orang bisa saja merasa enggak nyaman dengan situasi terkini atau apa yang sedang dilakukan. Secara enggak sadar, orang ini akan terus-terusan minta maaf karena merasa canggung. Keempat, biasanya orang seperti ini adalah tipe orang perfeksionis. Mereka meminta maaf karena alasan apa yang mereka kerjakan enggak sesuai dengan apa yang diinginkan.