Menu

Memaksimalkan Penjualan di Bulan Ramadan, Pelaku UMKM Wajib Manfaatkan 6 Fitur Tokopedia Agar Bisnis Laris Manis

09 Maret 2023 14:20 WIB
Memaksimalkan Penjualan di Bulan Ramadan, Pelaku UMKM Wajib Manfaatkan 6 Fitur Tokopedia Agar Bisnis Laris Manis

Gedung Tokopedia (Istimewa/Tokopedia)

HerStory, Jakarta —

Beauty, berdasarkan data dari Tokopedia, bulan Ramadan menjadi peluang besar bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualan. Hal ini sejalan dengan data yang menunjukkan tingginya antusiasme pengguna dalam mencari dan membeli produk di Tokopedia. 

“Berdasarkan data internal Tokopedia, selama Ramadan 2022 terdapat peningkatan jumlah product page view sebesar 50 peningkatan jumlah pesanan lebih dari 77% dibandingkan Ramadan 2021,” ungkap Nuraini Razak, selaku Direktur Corporate Affairs Tokopedia dalam keterangan pers yang diterima oleh HerStory, Kamis (9/3/2023). 

“Animo tinggi masyarakat untuk belanja saat bulan puasa bisa menjadi momen yang tepat bagi para pelaku usaha, khususnya UMKM, untuk memaksimalkan strategi jualan online di Tokopedia agar penjualan meningkat pesat,” lanjutnya. 

Oleh karena itu, Tokopedia telah menyiapkan rangkaian strategi bisnis yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM. Menggunakan fitur yang tersedia di aplikasi Tokopedia, pelaku UMKM diharapkan dapat meningkatkan penjualan selama Ramadan. 

Lalu, fitur unggulan apa saja yang bisa digunakan untuk memperkuat bisnis? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini. 

1. Fitur Wawasan Pasar

“Melakukan riset untuk melihat produk yang paling diminati masyarakat, khususnya selama bulan puasa, sangat penting dilakukan oleh pelaku usaha. Para penjual bisa memanfaatkan fitur Wawasan Pasar di Tokopedia. Fitur ini memungkinkan penjual melihat kata kunci yang paling sering dicari atau digunakan pembeli, hingga produk yang terpopuler berdasarkan daerah dan kategori,” jelas Nuraini.

Data internal Tokopedia mencatat produk seperti kartu ucapan, hampers atau parsel kue kering dan perlengkapan rumah tangga, seperti bantal dan guling, menjadi beberapa produk yang paling banyak diburu masyarakat selama bulan puasa atau Ramadan 2022.

Baca Juga: Konsisten Kembangkan Bisnis Ramah Lingkungan, Tokopedia Bagikan Kisah Inspiratif 'Kartini Jaga Bumi' dari 2 Pelaku Usaha Wanita Ini

Baca Juga: Lebaran Sudah di Depan, Tokopedia Spill 5 Tips Mudik yang Aman dan Nyaman, Apa Saja ya?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Noorma Amalia Siregar