Menu

Memaksimalkan Penjualan di Bulan Ramadan, Pelaku UMKM Wajib Manfaatkan 6 Fitur Tokopedia Agar Bisnis Laris Manis

09 Maret 2023 14:20 WIB
Memaksimalkan Penjualan di Bulan Ramadan, Pelaku UMKM Wajib Manfaatkan 6 Fitur Tokopedia Agar Bisnis Laris Manis

Gedung Tokopedia (Istimewa/Tokopedia)

HerStory, Jakarta —

Beauty, berdasarkan data dari Tokopedia, bulan Ramadan menjadi peluang besar bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualan. Hal ini sejalan dengan data yang menunjukkan tingginya antusiasme pengguna dalam mencari dan membeli produk di Tokopedia. 

“Berdasarkan data internal Tokopedia, selama Ramadan 2022 terdapat peningkatan jumlah product page view sebesar 50 peningkatan jumlah pesanan lebih dari 77% dibandingkan Ramadan 2021,” ungkap Nuraini Razak, selaku Direktur Corporate Affairs Tokopedia dalam keterangan pers yang diterima oleh HerStory, Kamis (9/3/2023). 

“Animo tinggi masyarakat untuk belanja saat bulan puasa bisa menjadi momen yang tepat bagi para pelaku usaha, khususnya UMKM, untuk memaksimalkan strategi jualan online di Tokopedia agar penjualan meningkat pesat,” lanjutnya. 

Oleh karena itu, Tokopedia telah menyiapkan rangkaian strategi bisnis yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM. Menggunakan fitur yang tersedia di aplikasi Tokopedia, pelaku UMKM diharapkan dapat meningkatkan penjualan selama Ramadan. 

Lalu, fitur unggulan apa saja yang bisa digunakan untuk memperkuat bisnis? Yuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini. 

1. Fitur Wawasan Pasar

“Melakukan riset untuk melihat produk yang paling diminati masyarakat, khususnya selama bulan puasa, sangat penting dilakukan oleh pelaku usaha. Para penjual bisa memanfaatkan fitur Wawasan Pasar di Tokopedia. Fitur ini memungkinkan penjual melihat kata kunci yang paling sering dicari atau digunakan pembeli, hingga produk yang terpopuler berdasarkan daerah dan kategori,” jelas Nuraini.

Data internal Tokopedia mencatat produk seperti kartu ucapan, hampers atau parsel kue kering dan perlengkapan rumah tangga, seperti bantal dan guling, menjadi beberapa produk yang paling banyak diburu masyarakat selama bulan puasa atau Ramadan 2022.

2. Fitur Dekorasi

Halaman toko dan produk yang menarik berpotensi membuat pembeli semakin tertarik mengeklik. Penjual bisa menggunakan fitur Dekorasi Toko untuk mempercantik tampilan tokonya di Tokopedia agar menarik lebih banyak pembeli. 

“Fitur Dekorasi Toko di Tokopedia menyediakan template khusus yang sudah didesain sesuai dengan fungsi dan kebutuhan setiap kategori penjual. Misalnya, template untuk toko penjual fashion akan berbeda dengan penjualan elektronik atau makanan dan minuman,” kata Nuraini.

Nuraini menambahkan bahwa selain halaman toko, halaman produk pun penting diperhatikan para penjual. Foto produk harus jelas dan menampilkan kelebihannya. Judul dan deskripsi produk juga harus lengkap supaya semakin informatif dan mengakomodasi pertanyaan dari para calon pembeli.

3. Fitur Bebas Ongkir

“Berdasarkan data internal Tokopedia, lebih dari setengah pesanan selama Ramadan 2022 dikirim dengan bebas ongkir,” kata Nuraini.

Karenanya, penjual dapat mengaktifkan fitur Bebas Ongkir untuk meningkatkan penjualan bahkan menjangkau lebih banyak pembeli di seluruh penjuru di Indonesia, khususnya selama bulan puasa.

4. Fitur Pelengkap Produk

Sepanjang Ramadan 2022, penjualan parsel di Tokopedia tercatat melonjak hampir 2x lipat. Pada Ramadan tahun ini, penjual bisa mendongkrak penjualan lewat halaman khusus Parsel Ramadan di Tokopedia.

Nuraini mengatakan, “Pelaku usaha yang menjual parsel Ramadan sangat disarankan untuk memasukkan produk yang paling populer di toko mereka ke dalam paket parsel yang akan dijual. Penjual juga bisa mengombinasikannya dengan produk serupa atau komplementer dalam parsel tersebut.”

Selanjutnya, penjual bisa menggunakan fitur Pelengkap Produk untuk menambahkan kartu ucapan dan kemasan khusus untuk mempermudah pembeli.

5. Fitur TopAds

Penjual bisa memanfaatkan kanal promosi yang ditawarkan Tokopedia Marketing Solutions, seperti TopAds.

“TopAds adalah fitur beriklan di Tokopedia agar produk penjual bisa tampil teratas di halaman pencarian,” jelas Nuraini.

Fitur ini terbukti mampu memaksimalkan hasil pemasaran para pelaku usaha di Tokopedia. Diet Special Needs, misalnya, mengalami peningkatan kunjungan toko hingga 10x lipat dibandingkan sebelum memakai TopAds Tokopedia (data Maret 2022).

6. Pusat Edukasi Seller

Tokopedia juga menyediakan berbagai materi edukasi yang relevan seperti #SIAPRAMADAN2023 untuk membantu pelaku usaha memaksimalkan penjualan selama bulan puasa.

Informasi lain terkait mengembangkan usaha juga dapat dipelajari secara gratis melalui Pusat Edukasi Seller Tokopedia. 

Baca Juga: Tokopedia dan TikTok Lewat Shop | Tokopedia Rekap Tren Belanja Online Masyarakat pada Ramadan-Lebaran 2024

Baca Juga: Konsisten Kembangkan Bisnis Ramah Lingkungan, Tokopedia Bagikan Kisah Inspiratif 'Kartini Jaga Bumi' dari 2 Pelaku Usaha Wanita Ini

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Noorma Amalia Siregar

Artikel Pilihan