Menu

Jadi Musuh Kaum Hawa, Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengobati Rambut Rontok, Tertarik Coba Beauty?

13 Maret 2023 20:13 WIB
Jadi Musuh Kaum Hawa, Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengobati Rambut Rontok, Tertarik Coba Beauty?

Ilustrasi rambut rontok. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, rambut rontok jadi musuh kebanyakan wanita. Dan, ternyata penyebab rambut rontok terdiri dari dua faktor.

Pertama, kongenital atau faktor genetik, dan yang kedua faktor akuisita, efek obat tertentu, hormonal, postparfum, stres dan lingkungan (perawatan yang salah, sinar matahari, dan alat pengerin rambut)

Nah Beauty, perawatan rambut yang salah, seperti sering mewarnai rambut, mencuci rambut secara berlebihan, menyisir rambut berlebihan, pemanasan rambut dengan suhu tinggi dan berulang kali, serta sering berjemur di bawah sinar matahari, juga bisa menyebabkan kerontokan hingga kebotakan.

Adapun, tanda-tanda rambut rusak adalah rambut mudah patah, tampak kusam, mengalami perubahan warna, serta rontok lebih besar dari 100 helai/hari.

Kerontokan rambut dapat disertai kebotakan, kemerahan pada kulit kepala, jaringan parut, dan sisik pada kulit kepala. Menentukan jenis dan penyebab rambut rusak adalah hal yang penting untuk menentukan pengobatan dan tindakan yang sesuai.

Banyak langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi kerontokan hingga kebotakan pada rambut. Mulai dari obat oral atau minum sesuai anjuran dokter, serum rambut, vitamin rambut, hingga transplantasi rambut.

"Bantuan profesional dari dokter spesialis kulit dan kelamin dapat menjadi solusi untuk menangani permasalahan kulit kepala dan rambut. Sehingga faktor penyebab masalah kulit kepala dan rambut dapat diketahui secara tepat beserta dengan obat-obatan dan treatment yang diperlukan," jelas dr. Mohammad Yoga Adi Waskito, Sp.D.V.E, saat sesi press conference di kawasan Jakarta, Senin (13/3/2023).

Baca Juga: Jangan Dibiarkan! Ini 6 Tanda Penyakit Berawal dari Kerontokan Rambut, Beauty Wajib Waspada!

Baca Juga: Baru Tahu Sekarang... Ternyata Begini Cara Mencegah Kebotakan Dini Akibat Rambut Rontok Menurut Dokter Ahli, Catat Ya Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.