Zaman sekarang emang banyak banget jajanan manis yang menggugah selera ya Beauty. Harganya juga bervariasi dan gampang banget kita temui mulai dari es pinggir jalan yang keliatan seger banget, es krim dan gelato yang bikin ngiler, sampai dessert box yang bikin kalap. Tanpa sadar, setiap hari kita mengonsumsi gula secara berlebihan. Apalagi kita mengonsumsinya setiap hari. Walaupun dengan mengonsumsi gula dapat menambah energi, tapi kalau berlebihan justru badan akan lebih mudah lemas. Kok bisa ya?

Makanan atau minuman manis yang Beauty makan manisnya enggak cuma berasal dari gula pasir. Rasa manis yang ada di makanan juga bisa didapatkan dari berbagai makanan yang sebenarnya enggak kelihatan manis seperti roti atau susu kotak. Apalagi, makanan atau minuman yang udah dicampur dengan berbagai gula seperti minuman boba, dessert box, dan es krim. Enggak kebayang kan berapa banyak gula yang masuk ke tubuh kita dalam sekali makan. Belum lagi, karbohidrat yang dimakan setiap harinya seperti nasi putih juga mengandung gula. 

Perasaan lemas setelah mengonsumsi gula memang enggak berlangsung sampai berhari-hari. Beauty juga enggak perlu perawatan khusus seperti saat terkena penyakit tertentu. Tapi, pas kita mengonsumsi gula yang berlebihan, tubuh akan membentuk energi yang besar juga. Karena energi lebih besar, metabolisme juga menjadi lebih cepat dari biasanya. Gula yang kita makan akan habis karena metabolisme yang cepat dan enggak menyisakan tenaga. Karena itu, kita jadi lebih cepat lelah, lemas, atau mengantuk.

Baca Juga: Ingin Miliki Perut yang Ramping? Hindari Minuman Manis, Dijamin Anti Buncit!

Lonjakan kadar gula darah juga perlu diperhatikan lho Beauty. Kalau gula darah naik, otomatis pankreas akan memproduksi hormon insulin meningkan dan membawanya ke dalam sel tubuh. Akibatnya, hormon serotonin akan naik dan ikut membantu kita merasa lemas dan kantuk. Kalau kondisi ini enggak segera disadari dan dibiarkan, lama-lama kadar gula darah akan semakin meningkat dan bisa menimbulkan penyakit diabetes. Salah satu tanda orang yang terkena diabetes juga merasa lemas dan cepat mengantuk lho Beauty. Jadi mulai sekarang, batasi konsumsi gulamu ya.