Menu

Industri Kosmetik Tanah Air Meningkat Pesat, Skinproof Gelar Diskusi Edukatif tentang Pentingnya Kredibilitas Produk Skincare, Seperti Apa?

16 Maret 2023 13:10 WIB
Industri Kosmetik Tanah Air Meningkat Pesat, Skinproof Gelar Diskusi Edukatif tentang Pentingnya Kredibilitas Produk Skincare, Seperti Apa?

Diskusi Edukatif Tentang Pentingnya Kredibilitas Produk Skin Care dari Skinproof. (Ummu Hani/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, industri kosmetik di Indonesia mengalami peningkatan selama dua tahun terakhir. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mencatat, terdapat kenaikan jumlah perusahaan kosmetik sebesar 20,6% year-on-year (YoY) dari 2021 ke 2022. 

Pertumbuhan revenue penjualan beauty dan personal care mengalami peningkatan di seluruh kategori. Pertumbuhan tertinggi pada perawatan kulit (skincare) sebesar 29,6%, perawatan rambut (hair care) 21,5%, danbath & showersebesar 12,2%, berdasarkan laporan dari Euromonitor Internasional pada 2022.

Industri kosmetik yang berkembang pesat ini menyebabkan riuhnya klaim terhadap produk sehingga timbul kebingungan konsumen dalam memilih produk dan menurunkan loyalitas terhadap suatu merek. 

Melihat masalah tersebut, Skinproof (PT Derma Asia Lab) menggelar diskusi edukatif dengan para beauty enthusiastsmengenai pentingnya kredibilitas produk di tengah maraknya kompetisi pasar kosmetik.

Sebagai informasi, Skinproof merupakan anak perusahaan Arya Noble, berfokus pada riset konsumen dan pengujian produk di industry kosmetik, kecantikan, wellness, serta perawatan pribadi. 

CEO Arya Noble, Alfons Sindupranata menuturkan, Skinproof telah dipercaya oleh berbagai perusahaan ternama untuk melakukan uji coba kosmetik dan riset konsumen. Hal ini guna mengembangkan produk kredibel, serta dapat menjadi game-changer di pasar kosmetik yang terus berkembang. 

“Meskipun merupakan bagian dari keluarga besar Arya Noble, Skinproof bergerak secara independen dan netral, sehingga secara integritas tidak perlu diragukan,” ujar Alfons, dalam Diskusi Mengenai Pentingnya Kredibilitas Produk, di Treasury Tower, Jakarta, Kamis (16/3/2023). 

Skinproof berkomitmen mengedukasi end consumer mengenai kulit dan segala permasalahannya. Ini terkait pemilihan kandungan produk yang dapat menunjang kesehatan kulit.  

Dalam kesempatan sama, Head of Skinproof, Theresia Sinandang, memaparkan, di tengah potensi pertumbuhan industri kosmetik, penting bagi masyarakat memahami produk dari sumber yang kredibel dan terpercaya. 

“Dengan begitu beragamnya produk kosmetik, masih banyak konsumen yang belum memahami apakah produk yang mereka gunakan sesuai dengan kebutuhan kulitnya atau tidak,” tutur wanita yang akrab disapa Iis itu. 

Iis menuturkan, klaim pada produk merupakan alat marketing yang sangat powerful tapi harus dapat dipertanggung jawabkan. 

“Setiap produk kosmetik dan perawatan kulit memiliki klaimnya masing-masing, seperti “Membersihkan”, “Menghilangkan”, “Menyamarkan”, atau “Hypoallergenic”, sehingga klaim produk dari produsen merupakan salah satu pertimbangan penting bagi konsumen dalam memilih produk. Oleh sebab itu, produsen kosmetik harus dapat memberikan klaim produk yang akurat pada kemasan agar tidak menyesatkan konsumen,” ujar Iis.  

Senada dengan Iis, Cosmetic Scientist, Ike Indrawanti berpesan, dalam menentukan product claim perlu dilakukan riset dan analisa mendalam agar memastikan kandungannya memiliki kadar tepat untuk penggunanya. 

“Di sini lah peranan Skinproof diperlukan. Skinproof melakukan uji coba terhadap produk kosmetik untuk memastikan bahwa kandungan yang terdapat di dalamnya telah sesuai dengan manfaat yang diharapkan dari produk tersebut. Sehingga saat konsumen melihat klaim pada produk yang telah diuji oleh Skinproof, konsumen merasa yakin dengan produk tersebut karena telah melalui berbagai tahapan riset di laboratorium Skinproof,” lanjut Ike.

Sejak 2017, Skinproof dipercaya berbagai merek ternama, seperti White Lab, Somethinc, Erha, dan Paseo untuk melakukan serangkaian riset mulai dari consumer insightcosmetic claim supportsensory research hingga konsultasi juga layanan regulasi produk kosmetik. 

Skinproof akan terus berupaya menginovasi dan memberikan solusi dalam pengembangan produk kosmetik. Hal tersebut berupa memberikan dukungan holistik kepada para klien Skinproof, dan mengedukasi konsumen mengenai keamanan serta efektifitas produk secara netral juga independen.

Baca Juga: Anniversary Pertama, Flowhite Beauty Luncurkan Cushion Skincare Infused, Apasih Keunggulannya?

Baca Juga: Helat Youth Summit Pertama yang bertajuk 'Emina Youth Beauty Breakthrough; Voice of The Future', Emina Terbang Langsung ke Istanbul!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Ummu Hani