Dewasa itu enggak cuma tentang umur aja ya Beauty. Dewasa juga berarti matang secara pikiran dan mental. Karena itu, mungkin kita sering melihat orang yang umurnya udah dewasa tapi mentalnya masih seperti anak kecil (childish). Kita mungkin pernah juga ketemu sama remaja yang justru udah punya mental dewasa. Dewasa secara mental berarti orang itu mampu bertanggung jawab dengan apa yang ia pilih dan selalu belajar dari masa lalu. 

Kalau dewasa secara fisik gampang banget dilihat, tapi gimana dengan dewasa secara mental? Mungkin agak sedikit susah ya karena enggak terlihat langsung. Kalau Beauty penasaran, yuk simak apa aja tanda seseorang udah dewasa secara mental.

1. Lebih Ikhlas Memaafkan

Memaafkan emang bukan sesuatu yang gampang. Kesalahan seseorang yang besar bisa bikin kita benci dia dalam waktu lama, bahkan seumur hidup. Emang sakit hati itu susah banget buat disembuhkan. Tapi, enggak ada yang enggak mungkin di dunia ini termasuk sembuh dari luka lama. Salah satu ciri orang yang dewasa secara mental adalah ia bisa ikhlas memaafkan. Walaupun ia tahu kalau sakit hati susah disembuhkan, tapi ia memilih memaafkan orang lain. Ia juga punya kebesaran hati untuk memaafkan orang dan juga masa lalunya. Orang yang udah dewasa secara mental akan lebih mudah mengontrol emosi dan enggak gampang marah dengan hal-hal kecil yang enggak penting.